a long and boring three or four days diary in a single post


16/02/2015
Masyarakat dan Kebudayaan Maluku Utara

Hari senin akhirnya fakultas sastra dan budaya akhirnya memulai aktivitas belajar mengajar. Kenapa aku menyisipkan kata “akhirnya”? Karena fakta yang ada adalah fakultas ekonomi dan keguruan dan ilmu pengetahuan sudah mulai sejak minggu lalu.

Tapi, aku cukup senang juga karena baru minggu ini proses belajar dimulai, karena minggu lalu aku masih sibuk dengan kegiatan ukm seba, tentang aku yang akhirnya menjadi sekertaris panitia untuk yang pertama kalinya dan aku yang semakin sadar kalau tingkat kebaikan bergaris lurus dengan kelelahan yang akan didapatkan dan kegiatan kemaren itu mubes atau musyawarah besar yaitu suatu wadah pemilihan ketua umum baru yang juga dikatakan sebagai tempat dimana kekuasaan tertinggi berada.

Aku tidak perlu cerita kalau kemaren aku sibuk banget dan lelah banget dan mubes kemaren ternyata tidak seluarbiasa yang aku impikan tapi aku tetap senang dan upload banyak foto di instagram dan di facebook tapi belum di blog dan entahlah apa nanti aku juga akan upload di blog.

Mata kuliah masyarakat dan kebudayaan Maluku utara aku harap akan menjadi mk favorit aku karena dengan mk ini aku harap bisa lebih mengetahui lagi tentang seluk beluk kebudayaan yang ada di tempat dimana aku lahir dan besar dan menjalani hidup yang kurang lebih seumur hidup ini.

Gosip yang beredar, dosen yang ternyata namanya adalah Pa Udy ini konon adalah tunangan dari Ibu Fani yang ngajar reading I di semester satu dan reading II di semester II. Kenapa aku bilang gosip? Karena aku gak tahu apakah ini benar adanya atau bohong belaka. Aku dengar dari salah satu teman yang kalau kata dia, dia sering melihat mereka jalan berdua gitu dan mungkin karena aku memang kebiasaan buruk tidak terlalu paham dan care sama orang jadi aku kurang ingat apa memang Pa dosen ini yang selama ini sering jalan berdampingan dengan Ibu Fani? Tapi sepertinya hal ini adalah fakta.

Kuliah perdana yang lumayan memberi kesan. Ada tiga hal yang menjadi tanda yang membedakan antara mahasiswa dengan ibu-ibu di pasar. Aku di dalam hati mikirnya mungkin itu adalah tri darma dan ternyata bukan, sukurnya aku hanya mikir sendiri dan gak menjawab. Oiyah, Pa dosen yang satu ini lumayan mengajak kita sekelas untuk bicara tapi hamper semuanya tetap diam dan alasannya mungkin karena kuliah perdana dan yang bersuara hanya rifki si suka rajin baca buku dan gaya bicaranya pelan perlahan tapi kalau diperhatikan berat dan berbobot loh kosa kata yang dia gunakan.

Dan apa tiga tanda yang membedakan mahasiswa dengan ibu-ibu di pasar menurut Pa udy? Tiga tanda itu adalah MENULIS, MEMBACA dan BERTEMAN. What a first impression right? Aku juga tidak lupa menulis tiga hal itu di grup facebook sastra inggris universitas khairun ternate, loh.

Pa udy ini juga tidak membuat peraturan yang susah dalam hal membuat tugas. Menurut beliau yang penting cukup tulis nama dan npm di pojok kanan atas. Jadi, goodbye jilid dan kover dan semacamnya. Bahkan dibebaskan tertulis atau printed.

Kami juga diberitau kalau lebih baik melakukan kegiatan paraphrase yang artinya membaca suatu literatur terus pahami terus merubah secara keseluruhan atau dengan kata lain menulis kembali dari nol menurut apa yang kita mau. Katanya kegiatan paraphrase ini jauh lebih baik daripada sekedar copy and paste atau mengquote. Mungkin aku akan mempraktekannya di tugas pertama yang dia berikan tentang definisi kebudayaan dan definisi masyarakat.

Pa udy juga mengajak kami untuk mengikuti sebuah komunitas yang sedang dia rencanakan yang temanya berupa mengajar bahasa inggris untuk anak-anak yang kemudian akan diberi nama English jalanan dan targetnya adalah anak-anak belakang gunung yang memiliki akses yang susah untuk pergi ke pusat kota. Sounds like a very great idea. Apakah akan berjalan sesuai rencana? I don’t know. Lets see some days ahead, kalau beneran jadi aku akan ikut dan foto-foto dan tulis ceritanya di blog. kalau jadi.


16/02/2015
Writing I

Ibu kepala program studi atau yang kemudian disingkat kaprodi dulu waktu semester satu ngajar listening I dan sekarang semester dua ngajar writing I. Pesan dan kesan? Yang kami lakukan adalah menulis “Hari ini hari pertama kami belajar. Mata kuliah kedua adalah Writing I. Saya menikmati pelajaran saya ini” dan membuat English version nya.

I don’t wanna judge tapi berasa kayak gimana gitu? yak kan? Kayak elementary gitu lah? Maaf aku khilaf aku sombong aku takabur, bukan bermaksud macam-macam. Aku harus ingat kalimat pertama novel the great Gatsby yang aku nonton filmnya terus cari novelnya tapi sampai sekarang tidak pernah baca sampai selesai dan hanya satu dua lembar dan begitu juga nasip novel versi pdf lainnya yang sudah aku download tahun lalu. Hiks, sedih, malu. Kata-katanya kurang lebih kayak gini “whenever you feel like criticizing anyone, just remember that not everyone have the same advantage that you have had”

Terus kita diajari tentang kelas kata yang atau dalam bahasa inggris disebut dengan parts of speech. Ibu nunung cuman memberikan sedikit penjelasan tentang verb dan sisanya disuruh bikin tugas. Malam ini alias hari kamis malam jumat tanggal 19 aku mulai menggarap tugas ini dan cukup membuat pusing dengan memikirkan ide untuk membuat contoh kalimat.

Terkadang aku berpikir kalau lebih baik tidak usah belajar grammer seperti ini kalau akhirnya membuat kita bingung dan stuck dan kayak gak tahu mau tulis apa padahal kalau biasanya kan Cuma asal ceplas ceplos ngetik sembarangn dan gak takut dan gak care apa itu benar apa nggak yang penting pasang tweet gitu lah. Tapi at the end of the day, I do know and I do realize that this is what’s best to know it more inside and out haha jadi ingat iklan c1000 yang setiap miss world atau universe baru terpilih, jadi gitulah.


16/02/2015
Structure II

Kemaren kita belajar tentang have to dan must terus disuruh fotokopi unit 31 sampai 50 dan karena aku punya soft file nya thans to uny yang udah donlot dulu jadi aku milih untuk gak ngumpul uang buat ngopi dan lebih baik ngeprint sendiri. Oiyah, hasil  UAS kemaren aku benar banyak loh, aku juga kaget, padahl aku kira bakal salah banyak, I don’t know, lucky maybe?

oiyah langsung dapat tugas di halam 65-69. Dulu itu padahal waktu semester satu, kelas B paling rajin gak belajar structure entah itu apakah Pa dosen yang namanya sutisno tapi pengen dipanggil kiki ini lupa atau sebab apa aku gak tahu. Oiyah, jadwal semester dua sebenarnya diprint terpisah yang artinya ada lagi pembagian kelas A dab B tapi sehauh ini dari hari senin sampai rabu karena hari kamis libur kita semuanya gabung, seneng banget. Dan jadwalnya agak gaje juga she, masak cumin beda jam aja dan gak beda hari yang artinya si dosen bakal dua kali berturut-turut gitu. Mendingan gabung seklian ya gak? Aku lebih senang gabung biar rame, mudah-mudahan tetap seperti ini untuk seterusnya, amin amin ya robbal alamin.


17/02/2015
Pendidikan Kewarganegaraan

Kalau mk pendidikan kewarganegaraan hanya dikopiin file soft materi tentang asal usul pelajaran pkn yang dijelaskan di undang-undang nomor 12 tahun 2012 tapi aku belum baca karena belum dapat karena lupa flashdisc ada dimana. Yah, kita ketemu lagi sama Pa Muhaimin yang rajin dan tepat waktu dan mendingan kalian gak usah masuk kalau terlambat dan anti jokowi karena kemaren nyoblos prabowo yang adalah dosen fakultas hukum dan selalu member kritik pedas tentang adminisrasi fakultas sastra tentang remot projector dan jendela yang tidak ada gordennya.


17/02/2015
Speaking II

Belajar speaking II kemaren keren bangetngetnget dan kita diberi tugas gitu yang jatuh tempo hari minggu untuk dikirim email dan hari senin untuk pengumpulan hard copy nya. Hari ini (kamis) rencananya mau kerja kelompok di rumah dika tadi pagi tapi gak jadi karena gak ada orang yang datang terus sorenya aku pergi ziarah kubur bareng adek dian dan selepas magrib aku sms dan tanya kabar ke andika dan k iksan katanya tadi sore juga gak jadi.

Tadi aku ke rumah puput ayu untuk konsultasi lebih lagi tentang membuat curriculum vitae atau cv dan ramalan pekerjaan. Jadi ceritanya aku ingin mendaftar di tempat kursus gitu jadi tenaga pengajar walaupun yah sebenarnya aku gak terlalu percaya diri bisa ngajar dan punya kemampuan yang memadai untuk menjadi seorang tenaga pegajar tapi hanya karena iseng dan pengen dapat uang juga entahlah apakah rencana ini akan berhasil atau tidak. Ngomong-ngomong tentang itu, aku lupa lagi kalau aku belum ngurus apapun tentang itu.

Si puput ini adalah teman aku waktu sms dan kita ketemu di tempat foto kopi dan dulu panggil dia puput ayu yang beda tipis sama putrid ayu yang ada di Indonesia mencari bakat di transtv dulu. Dia katanya teman taman kanak-kanak bareng aku tapi aku gak ingat sama sekali. Ada hal yang lucu, beberapa minggu yang lalu aku sempat iseng merubah bio instagram dan menuliskannya “umur: 19 tahun. lama menjomnlo: 19 tahun” dan ternyata si put ngescreenshot gitu terus di upload ke facebook, wah aku malu banget eh atau gak juga. Tapi hal itu memang fakta kalau aku sudah jomblo seumur hidup hahaha bukan hal yang dibanggakan.

Apakah kita harus mulai berdebat tentang makna cinta? Menurut aku yang sebenarnya menurut salah satu artikel yang pernah aku baca dulu dan udah lupa sumbernya dari mana mengatakan kalau pacaran itu artinya kita berzinah, kita berzinah hati, jadi hati kita tidak akan virgin lagi ketika ketika sudah memiliki suami atau istri nanti. Dan aku adalah tipe orang yang hobi nonton film dan sudah merasakan berbagai banyak perasaan cinta tapi hanya di dalam film.

Aku juga punya kisah cinta sendiri yang sebenarnya aku tidak tahu apakah itu cinta atau apa. Aku menyukanya sejak dulu terus mendadak nembak dia terus ditolak tapi lumayan sudah merasakan perasaan senag dan sedih beberapa hari walaupun hanya berupa harapan kosong dan pedihnya cinta yang ditolak dan pernah update status tanggal 14 februari kemaren di facebook tapi kemudian aku delete lagi yang bunyinya “apa kabar kamu disana yang tak pernah mencintaiku tapi aku terlalu bodoh untuk bisa berhenti memikirkanmu” entah apa itu literally atau literary.

Dan aku juga sempat update quote yang aku bikin sendiri tapi terlau malu untuk diposting di facebook atau di twitter yang adalah “got no girlfriend. I’m too busy love myself” yah dank arena memang di tumblr itu aku gak ada follower dan aku disitu biasanya hanya ngereblog bookblog yang ada foto buku yang banyak dan bagus.

Jadi, tahun ini aku akan berumur 20 tahun di salah satu hari di bulan ke sebelas. Daan, aku sebenarnya bingung juga mau atau tidak mau dan aku juga tidak terlalu memusingkannya tapi berasa seperti seorang anti mainstream yang kelewat batas tapi kadang gak peduli juga dan aku gak tahu apa yang sebenarnya yang aku inginkan.

Hei, hei, hei.. tadi aku pinjam komik detektif konan volume ke 71 – 81 dan aku sudah baca yang ke 71 dan 72. Keren dan lumayan menghibur dan bikin relax lah.

Case :
There was a crash of a plane and at the same time, many disaster happen on the earth and only one land is in the safe situation. So, in the plane, the pilot dead and there were 8 passangers on the plane. Luckily all of them are safe and they now try to continue their life on the new land. But, unfortunately they have no food, drinks, for about a month, the situation is getting worse. But a day later, there is a plane come to the land, they are SAR Team, want to rescue the passangers. But they could only rescue three passangers because of the capacity of the plane.

Question :
Which passangers that should be choosen to be saved by the SAR Team consider the possibility of the passangers to build up a newly civilization.
Passanger criteria :
1. A couple (Wife: 50 years old, professor, less fertile, brilliant)
  (Husband: professor, 55 years old, brilliant, quite fertile)
2. An Architect (a woman, 40 years old, quite fertile, quite smart)
3. An Artist (a woman, 25 years old, charming and beautiful, very fertile, less smart)
4. A Religious Man (27 years old, quite fertile, quite smart, very wise)
5. Fisherman (a man, 25 years old, less smart, very fertile)
6. Teacher (a woman, 32 years old, quite smart, less fertile)
7. Farmer (a man, 18 years old, good looking, very fertile)

Jadi itu yang kemaren kita dapat di  speaking II. keren kan? Jadi ingat apa coba? yap, benar sekali, jadi ingat film the philosophers yang ada cinta laura dan adiknya ron di harry potter. Kalau aku pribadi ingin milih 3 dan 6 dan 7 tapi anggota kelompok aku yang lain inginnya 4 dan 6 dan 7.


17/02/2015
Sejarah Pemikiran Modern

MK yang satu ini diberikan oleh Pa Dekan (pimpinan fakultas) alias Pa Fachmi alias P(embimbing) A(kademik) aku tapi gak pernah konsul karena gak tahu mau ngomongin apa sama si Pa Dekan. Orangnya tinggi dan gondrong dan rambut putihnya banyak dan terkadang pakai topi dan terkadang Cuma mengikat rambutnya jadi model ekor kuda.

Pada waktu awal kuliahnya baru mulai semuanya tegang banget karena ini untuk pertama kalinya kita sekelas diajar sama beliau. Eh tapi ternyata dia lucu abis dan berhasil mengocok perut sampai minta ampun dah. Masa ngomongin kentut? Teori Pa Dekan kenapa kita tidak suka kentut adalah karena bukan milik kita yang artinya jika kentut itu adalah milik kita maka sudah barang tentu kita akan menyukainya dan ini memang fun fact sih. Coba seberapa banyak dari kita yang suka ngorek upil dan telinga kentut saat gak ada orang? Aku yakin pasti semuanya suka.

Dan beliau juga berteori tentang bagaimana kita bisa begitu keras dengan mengekspresikan tidak suka kita pada orang yang baru selesai melaksanakan panggilan alam karena bau tapi pada saat tiba giliran kita, kita akan betah melakukannya dengan waktu yang cukup lama.

Menurut aku, teori Pa Fachmi ini adalah akurat 100% menurut aku tapi. Kita bukannya tidak suka kotor atau jorok tapi hanya tidak suka kejorokkan milik orang lain saja.

Kata baru yang didapat adalah superstition yang artinya tahayul terus perbedaan pemikiran modern dan klasik adalah kalau modern itu bersifat new dan sophisticated dan rational dan fact-based sedangkan yang klasik itu irrational dan mystical dan superstition tadi.

Katanya nanti materi sebenarnya di minggu depan sih. Jadi gak sabar. Katanya dulu itu yang paling hebat waktu jaman yunani terus para pemikirnya mati terus masuk jaman kegelapan atau dark age yang ditandai dengan eropa yang dikuasai oleh romawi. Jujur aku kurang baca literature tentang hal ini dan aku hanya tahu kulit luarnya saja seperti ada yang namanya jaman kegelapan dan jaman terang benderang.

Di MK ini kita akan mempelajari tentang perjalan manusia dalam hal pemikiran baik dari dari romantisisme atau pragmatism atau realism dan sebagainya gitu.


18/02/2015
Phonology I

Ibu ina alias mamanya ismi kemaren tumben banget ngajarnya lebih banyak pake bahasa Indonesia, kan biasanya kekeuh banget tuh pakai English. Atau mungkin karena belum belajar betul dan hanya perkenalan mungkin. Eh, tapi sudah ada tugas yaitu definisi phonology dan phonetic dan phonemic dan gambar organs of speech.


18/02/2015
Dasar-Dasar Jurnalistik

Salah satu MK yang paling aku tunggu-tunggu tapi dosennya gaje-_- tapi asyiknya karena kemaren aku sudah nonton drama korea Pinocchio jadinya aku dan fina dan neni dan warda asik ngomongin drama ini beberapa hari terakhir dan memutuskan Pa dosen yang satu ini mirip salah satu tokoh di dalam drama itu. Bayangkan aja, wajahnya gelap khas kurang tidur dan volume dan gaya ngomongnya naik dan turun dengan tajam. Nih dosen lumayan menakutkan juga nih.

Katanya beliau ngajar juga di ummu (universitas muhammadiyah Maluku utara) yang letaknya tidak terlalu jauh dari kampus dua unkhair. Di jurusan komunikasi kalau tidak salah. Dan katanya dia setengah jadi wartawan dan setengah jadi dosen.

Katanya jurnalistik berasal dari dua kata yaitu journal yang artinya laporan dan istik yang artinya indah. Terus katanya sejarah singkat jurnalistik jaman kuno itu semenjak nabi nuh ketika nabi nuh meminta seekor burung kecil untuk terbang dan mengecek apakah air bah sudah surut atau belum. Terus sejarah yang lainnya adalah di jaman romawi pada kekuasaan Julius Caesar 3000 SM(sebelum masehi) ada yang namanya papan informasi. Nama papan disebut acta diurnal dan penulis papan disebut diunarry terus yang tukang nulis itu seorang kulit hitam dan inilah tonggak awal kenapa wartawan kemudian sering disebut dengan kuli tinta. Satu orang penulis disebut diunaly dan kalau lebih disebut diurnally.

Kemudian kata press ditujukan pada berbagai benda seperti kanor atau kamera atay mobil atau id card. Terus press artinya mesin cetak terus jurnalistik artinya kegiatan melaporkan dan jurnalis artinya orang yang melakukan kegiatan melaporkan itu.

Koran pertama katanya muncul pada abad 14 atau 15 sekitar 1480 di jerman. Dan acara infotainment pada awal mulanya berasal dari jaman romawi dimana kegiatan penyebaran informasi tentang pa yang terjadi di dalam istanah.

Tidak ada satu pun pakar yang bisa memberikan pengertian secara pasti. Dan terkdang berita itu yang penting adalh peristiwanya tapi terkadang yang penting adalah orangnya. Inti dari berita adalah menarik perhatian. Yang heboh dan membuat khalayak ramai menjadi bersorak kaget dan memberikan komentar asal ceplos karena terkejut.

Comments