pengalaman bergabung dengan beberapa online classes bermanfaat


Rasa-rasanya terasa ada yang kurang saja apabila deretan pengalaman yang telah terjadi belum sempat dituliskan untuk kemudian menjadi catatan yang hidup abadi di dalam blog pribadi tanpa pembaca ini. Mumpung sekarang aku sudah memiliki sedikit lebih banyak waktu luang, maka hal yang masuk dalam salah satu to write list ini akan aku wujudkan saat ini juga sebelum kemalasan kembali melanda.

Aku sempat mengikuti beberapa kelas online yang bermanfaat seperti; One Day One Hadis (aku hanya berhasil bertahan satu minggu kemudian tidak bisa istiqomah lagi karena minggu berikutnya diliburkan karena libur hari raya idul adha dan setelah aktif kembali aku sudah tidak memiliki semangat lagi untuk menghafal hadis yang tidak terlalu panjang tapi tentu saja aku membutuhkan waktu seharian untuk bisa hafal kemudian lupa lagi di hari berikutnya), One Day One Juz (aku sempat semangat sekitar 2 atau 3 minggu kemudian fakum karena kesibukan dan kemalasan kemudian kembali lagi untuk beberapa hari kemudian berhenti lagi), One Day One Post (aku begitu antusias dengan challenge menulis selama 2 bulan kalau tidak salah tapi sayangnya hanya bertahan seminggu dikarenakan di minggu kedua terlalu disibukkan dengan kerjaan menumpuk di kantor makanya selalu ngantuk kalau sudah di rumah dan berniat menulis), dan nulisyuk (kalau yang ini tantangannya hanya update di instagram, kelasnya hanya aku ikuti sekali dan kalau tidak salah ada 4 kelas sampai akhirnya kelas ditutup, lebih semacam mengajak latihan menulis di dalam grup watsap kemudian menulis postingan instagram).

Kelas-kelas online yang sudah aku jelaskan ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Lumayan bikin aku produktif sih, walaupun akhirnya aku mengaku juga kalau istiqomah itu begitu sulit. Yang gampang itu memulai sesuatu. Apapun itu.

Comments