The 3rd job after graduation: Teacher Assistant for Microscholarship Access Program Ternate




Kalau orang lain mungkin setiap tiga bulan bisa jadi gonta-ganti pacar, tapi aku malah gonta-ganti pekerjaan per tiga bulanan. Setelah sempat mejadi wartawan salah satu perusahaan media lokal kemudian menjadi tenaga harian lepas di salah satu NGO tentang perlindungan anak, sekarang aku menerima panggilan petualangan baru yang datang dari salah satu dosen aku di kampus. Beliau merekomendasikan mengikuti program mengajar yang kontraknya sepanjang 2 tahun.

Aku memang punya pengalaman mengajar sebagai pekerjaan sampingan semasa masih jadi mahasiswa dulu, mengajar anak-anak di beberapa sekolah dasar. Aku juga sempat punya pengalaman mengajar di komunitas Open English Community dan Komunitas Kelas Pesisir. Aku pun melakukan kepengurusan berkas sesuai yang diarahkan kemudian mendapatkan hasil pengumuman kalau ternyata berhasil lulus dan diundang mengikuti pelatihan Teacher Training di Jakarta.

Program ini disponsori oleh Pemerintah Amerika melalui Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Program ini bukan hanya akan ada di Ternate, tapi juga di daerah-daerah lain di Indonesia. Faktanya, sudah banyak daerah lain yang sudah melaksanakan program hingga selesai, bahkan ternyata program ini juga dilakukan di berbagai negara jauh sebelum akhirnya dilakukan program yang sama di Indonesia.

Singkat cerita, program ini diperuntukan untuk anak-anak smp atau sma atau kuliah (Ternate dapat jatah anak sma) yang kurang beruntung  dalam hal ekonomi untuk mendapatkan akses pendidikan khususnya bahasa inggris sehingga dapat mencapai potensi terbaik mereka. Dan apa-apa yang dipelajari nantinya  bukan hanya sebatas tentang bahasa inggris saja, melainkan lebih dari itu. Lebih ke pengembangan diri siswa/siswi untuk bagaimana mereka diharapkan berubah menjadi lebih baik dalam hal kemampuan berpikir kritis dan peka terhdap apa yang terjadi di sekitar mereka saat ini.

Bulan oktober akan menjadi waktunya seleksi para siswa (Ternate dapat kuota 40 siswa) sehingga mau tidak mau akan ada yang namanya persaingan untuk menjadi salah satu yang terpilih nantinya. Bulan November nanti akan menjadi awal dimulainya program yang direncanakan memakan waktu 2 tahun yaitu sampai juli 2020 nanti. Petualangan baru akan dimulai. Kencangkan sabuk pengaman.

Comments