Zootopia


Sudah selesai nonton film ini sejak beberapa hari yang lalu tapi tidak langsung menulis reviewenya karena malas dan baru sempat sekarang, hehe, maaf. Salah satu film terbaru terbaru yang laris manis ini menceritakan tentang seorang, eh maksudnya seekor, kelinci kecil yang bermimpi besar kelak akan menjadi polisi dan semua orang haduh maksudnya semua ekor hewan yang ada menertawakan dan menganggap remeh karena mimpinya yang ketinggian itu, ditambah lagi karena dia hanya seekor kelinci dan jarang ada kelinci yang menjadi polisi bahkan kenyataannya belum pernah ada kelinci yang menjadi polisi karena rata-rata para kelinci hanya menjadi tukang kebun.

Dan yang lebih lucunya lagi atau tragis adalah bukan hanya hewan lain yang menertawakan serta meragukannya, tapi orang tuanya juga. Tapi, Judy Hopps, nama si kelinci, memiliki pikiran positif yang luar biasa bahkan tidak terpengaruh sedikitpun dan tetap mempertahankan mimpinya sampai dia beranjak dewasa. Mengikuti semacam sekolah pelatihan menjadi polisi bernama zootopi police academy atau semacamnya dia mulai pelan-pelan membuat mimpinya menjadi nyata.

Pada awalnya semua terasa begitu sulit dan tidak mungkin, mempertimbangkan ukuran tubuh judy yang begitu kecil-imut-menggemaskan selayaknya kelinci harus bersaing dengan sesama teman yang rata-rata berbadan besar sehat walafiat seperti harimau atau badak atau kuda nil atau yang lainnya. Tetapi sepertinya judy tidak pernah mengenal kata menyerah, dia terus berjuang dan akhirnya bisa menyesuaikan diri dengan berbagai pelatihan yang berat menggunakan kecerdasannya dalam hal apapun bahkan tanding berkelahi satu lawan satu sekalipun dapat dimenangkan. Akhirnya si judy lulus dan menjadi polisi kelinci pertama dan mendapat tugas di jantung kota zootopia yang terkenal dengan slogan zootopia is the place where anyone can be anything-zootopia dalah tempat dimana setiap orang bisa menjadi siapa saja yang dia inginkan atau semacamnya.

Pergi meninggalkan tempat tinggal untuk bertugas di zootopia menggunakan kereta cepat, adegan ini lumayan yah menyentuh, bagaimana orang tua judy yang tampak begitu mengkhawatirkan anak perempuan kecil mereka harus pergi ke kota yang begitu besar dimana kejahatan ada dimana-mana dan semacamnya terus judy yang mendengarkan lagu bahagia dengan lirik yang penuh kata-kata penyemangat, judulnya try everything yang aslinya dinyanyikan oleh shakira yang reff lagunya itu I wont give up no I wont give in till I reach the end and then I'll start again ata semacamnya yang wah seperti biasa film kartun buatan disney selalu berhasil membuat hati ini tersentuh.

Tapi kenyataan yang ada di zootopia tidak seperti yang diharapkan karena ternyata kepala kepolisian disana tidak memberikan porsi kerja yang rata terhadap judy hanya karena dia seorang kelinci sehingga dianggap tidak mampu melaksanakan tugas sebagaimana mestinya walaupun sebenarnya judy adalah lulusan terbaik akademi kepolisian zootopia di angkatannya. Judy hanya mendapat tugas menjadi tukang parkir yang memasang kartu denda pada kendaraan yang memarkir di pinggir jalan dan lewat waktu parkir yang disepakati gitu.

Duh kayaknya kalau cerita semua bakalan kepanjangan nih. Loncat-loncat aja kali yah? Judy ketemu dengan nick wilde yang seekor rubah yang adalah penjahat dan sudah melakukan banyak tindakan ilegal semacam penipuan dan penggelapan pajak atau semacamnya dan judy membantu salah satu istri dari hewan yang hilang yang adalah berang-berang yang sebenarnya tidak disetujui oleh kepala polisi tapi sukurnya sudah terdengar duluan oleh ibu wakil walikota yang adalah seekor domba yang secara cepat sekali lewat sms atau chat langsung memberitahukan kabar bahagia tentang judy yang mendalami salah satu kasus hewan hilang, haruskah aku menyebutkan kalau walikota zootopia adalah seekor singa? haruskah aku sebutkan kalau ibu wakil walikota adalah seekor domba dan katanya dipilih menjadi pasangan waktu pemilu agar pasangan ini bisa mendapat banyak suara terutama dari para domba? dan haruskah aku katakan kalau pada awalnya si walikota diduga menjadi penjahatnya tapi ternyata penjahat sebenarnya adalah si wakil walikota? ouch spoilers

Tapi yah memang begitulah, terus yang kasus hewan hilang itu menjadi korban penembakan tapi bukan penembakan yang berakibat kematian tapi hanya berujung pada kehilangan kesadaran dan pengendalian terhadap diri mereka sendiri dan menjadi liar bagaikan para hewan di zootopia pada zaman dulu tapi sekarang zootipia sudah modern dan sudah berevolusi sehingga semua hewan baik pemangsa maupun yang dimangsa memiliki kedudukan sama dan sudah tidak saling membunuh lagi tapi gara-gara si tembakan berisi zat kimia dari kandungan bunga entah apa namanya aku lupa membuat mereka menjadi liar sehingga si ibu walikota domba ini bisa menguasai zootopia dengan menhapusan para pemangsa yang katanya persentase predator dan prey sekitar satu berbanding sembilan katanya sehingga ide mengerikan ini muncul.

Para rubah yang terkenal jahat dan si nick yang memang penjahat pada awalnya membuat judy berpikir dua kali untuk apakah bisa mempercayainya sepenuhnya dan ditambah lagi dengan judy yang tidak memiliki pilihan lain selain mendapatkan bantuan dari nick untuk menyelidiki kasus ini karena koneksi dan pengetahuan nick sebagai penjahat yang berguna sekali, Salah satu adegan paling lucu adalah ketika judy dan nick pergi ke semacam pusat kendali informasi untuk mencari tahu pemilik dari plat mobil penjahat yang menculik si bapak berang-berang yang hilang yang sekarang sedang dicari oleh judy adalah saat mereka masuk ke kantor pusat informasi itu dan ternyata semua petugasnya adalah kukang yang terkenal lambat dan seriusan mereka lambat banget hahaha kalian bakalan gak tahan ketawa ketika melihat adegan ini dan mereka kehilangan banyak waktu dan saat keluar dari kantor itu ternyata hari sudah gelap.

Pesan-pesan yang bisa kita temukan di film ini adalah seperti biasa jangan menyerah pada mimpi dan jangan melihat orang dari luarnya karena seekor rubah pun tidak selamanya jahat dan domba kecil yang kelihatan tak berdaya ternyata bisa menjadi dalang kejahatan dan apa lagi yah? silahkan nonton sendiri filmnya dan petik sendiri pesan yang lainnya. oiyah si nick akhirnya jadi polisi loh.

Comments

  1. Ahi hi hi ceritanya belum pernah saya baca karena saya jarang kang baca yang beginian ataupun nonton yang beginian karena atut kalau film horor mah saya suka karena lebih menyenangkan dan tidak ngeri juga, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  2. saya nonton zootopia kemarin asli lucu banget, apalagi pas adegan flash si kungkang, gue kirain nih hewan cepat dan gesit. gak tahunya lemotnya minta ampun. tapi di bagian terakhir kok dia bawa mobil ceat banget yah

    ReplyDelete

Post a Comment