Indonesia



Tahukah kalian betapa irinya kami tentang apa saja yang ada di luar sana. Negara maju, pendapatan tinggi. Walau tidak semuanya lebih baik karena sebagaian yang lain terkadang kurang baik.

Pikirkan saja tempat yang kering, afrika misalnya. Bagaimana kita akan bertahan disana dengan panas yang ada. Atau timur tengah yang penuh dengan debu pasir yang tak akan habis disapu.

Atau wilayah kutub. Disaat yang lain menginginkan sedikit udara sejuk. Mereka mendambakan sedikit panas dan sedikit kehangatan.

Atau beberapa Negara yang jelas-jelas memilki semuanya. Beberapa musim di satu tempat yang sama. Panas, salju, gugur, semi. Negara eropa mungkin. Amerika yang lainnya. Atau jepang yang dekat.

Berbeda dengan itu. Di Indonesia hanya ada panas dan dingin. Kemarau dan hujan. Tapi tetap harus bersyukur lah.

Selama ini aku hanya melihat indahnya salju atau pepohonan di musim gugur atau semi yang keren hanya dari film atau tv atau internet. Ingin rasanya benar-benar bisa lihat langsung.

Tapi aku tetap bangga dengan Indonesia.

Indonesia adalah Negara yang besar. Besar dalam arti yang sebenarnya. Bukan metafora atau permainan kata. Apanya yang besar. Banyak yang besar.

Negara kita dalam arti fisik, sangat besar dari ujung paling barat sampe paling timur. Penduduk kita juga besar, bukan besar penampakannya, tapi jumlahnya. Jumlah manusia di Indonesia itu dua ratusan juta.

Kalau ragu dan kurang percaya, coba saja lihat peta dunia. Bandingkan dengan Negara yang lain.

Negara kita yang besar ini ada bangga dan juga sedihnya sih. Bagusnya itu, dengan jumlah penduduk yang begitu besar, kita memilki beragam kebudayaan dan sifat tapi tetap bisa satu Negara.

Tidak enaknya itu mungkin yah, kita masih saja terus menjadi Negara berkembang dan masih saja tidak meratanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Masih banyak yang hidup pas-pasan dan miskin.

Satu contoh Negara kecil dan imut dalam arti ukuran luas Negara. Tapi kemajuan dan pendapatan yang besarnya seperti raksasa, wau. Mungkin kalian sudah tahu, namanya singapur. Negara itu begitu kecil disbanding Negara di sebelahnya yaitu kita Indonesia. Malu. Lumayan lah.

Tapi aku percaya suatu hari nanti kita pasti bisa jadi Negara yang maju. Sekarang saja kita sudah menjadi bagian dari g dua puluh. Artinya dua puluh besar lah kurang lebih.

Indonesia sekarang sudah mulai mendapat perhatian dunia. Katanya waktu dulu terjadi kekacauan ekonomi yang lumayan mengguncang dunia, Indonesia tidak terlalu merasakannya atau tidak terlalu. Berterima kasih pada kepemimpinanbapak sby selama sepuluh tahun ini.

Dikatakan bahwa ekonomi kita cukup berhasil dan stabil disbanding Negara yang lain di luar sana. Karena aku tidak mengerti tentang ekonomi jadi tidak bisa ngomong banyak, haah malu ni ye.

Negara kita yang besar ini, selain besar sumber daya alam dan manusianya, besar juga sejarahnmya. Menurut buku sejarah yang sudah pernah dipelajari di sekolah. Sejarah kita itu panjang sekali. Kita yang sekarang karena sejarah kita yang dulu.

Dimulai dari masa manusia purba, terus dimulainya berkenalan dengan agama yang adatang dari india terus timur tengah, banyak kerajaan dimana-mana, lalu jaman penjajahan dan proses kemerdekaan yang akhirnya menyatukan kita semua menjadi satu kesatuan, luar biasa.



Comments