para pemimpin



Jaman sekarang itu, mempertahankan kemerdekaan. Sejak merdeka tahun Sembilan belas empat lima, kita sudah punya banyak pemimpin. Dibawah ini adalah tulisan sederhana tentang mereka.

Ada sang founder, pak soekarno, yang kita kenal perjuangan lewat buku sejarah, betapa beliau yang hanya rakyat sipil bisa berjuang sedemikian hingga sampai kita bisa merdeka, dengan bantuan tokoh yang lain jyga pastinya. 

Menyadarkan bahwa sanya betapa pentingnya itu pengetahuan disbanding otot dan amarah tak berguna.  Menunjukan kekuatan berdiplomasi itu.Lalu ada pak soeharto sang diktator yang menguasai Indonesia cukup lama sehingga penyebabnya sampai sekarang presiden kita masih sedikit. 

Jaman soeharto yang katanya sangat menyeramkan dan pada akhirnya berhasil diturunkan oleh para mahasiswa. Walau aku tidak tahu pasti bagaimana rasanya hidup pada waktu itu, aku hidup di tahuan dua ribuan.

Pokonya bersyukurlah sekarang Indonesia sudah berbentuk demokrasi, dimana kita bisa memberikan suara rakyat sebagai penentu keputusan siapa yang akan memimpin Negara. 

Kemudian ada sang pintar pak habibie yang karena beliau kita bisa bebas bicara dan tidak terkekang waktu jaman soeharto dulu. Melalui film yang begitu laris manis yang menceritakan kehidupan pak habibie dan sang istri tercinta ibu ainun, sekarang aku sedikit lebih mengenalnya.

 Seoarang yang pintar, yang diakui oleh dunia tapi konon katanya tidak diakui Indonesia dan konon katanya juga Indonesia ini tidak suka orang pintar atau orang pintar lebih dihargai di luar negeri, katanya. 

Beliau yang menjalani studi lalu bekerja di bidang pesawat dan sudah mempatenkan lumayan banyak hasil pemikirannya di dunia itu, pada akhirnya dipanggil pulang ke Indonesia, lalu beliau mengganti kursi kekuasaan. 

Lalu ada pak gusdur yang walaupun punya kekurangan tidak bisa melihat tapi bisa jadi presiden, sangat fenomenal dan inspiratif, beliau katanya bisa bicara bahasa arab dengan baik, dan pernah katanya menggunakan celana pendek di istanah kepresidenan. 

Perlu saya tegaskan saya tidak terlalu tahu dan ahli dan semua ini hanya menurut sepengetahuan dangkal saja, tapi tetap nekat menulis ini, kalian mungkin yang tertarik bisa mencari di internet. 

Selanjutnya ada ibu megawati sebagai sosok penyamarataan laki-laki dan perempuan, karena beliau menjadi presiden perempuan pertama, dan mungkin karena beliau yang lainnya jadi berani melangkah di dunia politik atau yang lainnya. Setelah jaman dulu ada pejuang perempuan ibu kartini. Beliau juga sekaligus anak dari presiden pertama kita.

Dan pak sby yang mantan tentara yang berhasil memrintah selama sepuluh tahun dan tidak curang karena memang lewat demokrasi, walau banyak keritik katanya tidak tegas tapi tetap saja beliau sangat berjasa menjaga perdamaian dan pintar bicara atau diplomasi dan dikenal sebagai tokoh yang cukup aktif di dunia internasioana, bahkan persah sekali waktu beliau memimpin nyanyian happy birthday untuk presiden putin dalam pertemuan forum ekonomi pasifik apa namanya yah mmm oiyah apec kalau tidak salah. 

Pokoknya nanti kalau preiden terpilih sudah ada dan beliau sudah tidak menjabat lagi pasti rasanya akan berbeda, secara kita sudah menjalani hidup dipimpin beliau selama satu decade.

Dan sekarang kita sedang menanti presiden selanjutnya, aku harap jokowi bisa benar-benar jadi presiden selanjutnya. Setelah menang di hasil hitung cepat oleh lembaga survey yang dapat dipercaya diantaranya. Kita tinggal menunggu tanggal dua puluh dua untuk pengumuman resmi kpu dan dua puluh oktober untuk hari pelantikan.


Comments