satu semester di ir

Part 1: go back home

Last year on august 17th 2013. Yes still remember that day. The day I went out from home. From my lovely island to the java island for college. And now I’m preparing to go back. To go home.

Everything is not like what I imagine it would be. I feel not good. I cant stay any longer here. I always missing home. From the very first week I already begging my mom to let me go home.

But I cant. My mom didn’t let me to do it. My mom always makes me strong. Make me sure that I could make it. Living life for college.

On the way I got some up and down. The most super up and down feel I have ever get. I wanna go home and I wanna stay. I sometimes enjoy it. And sometimes really not. I feel the loneliness.

I could even say that I might have died of that lonely. Back in home I’m not that lonely. I got my mom and two little sisters. But here I have no one.

Well actually I have a big brother here. But we’re not stay together. And we’re not together everytime. He’s alson in college. And a really busy busy boy. Like really busy.

The reason why I almost feel like wanna die because that lonely. It’s because the fact that I’m a indoor person. I spend pretty big mount of time staying in home.

I was just not really interest in going out. You know what I mean. You know indoor person type right? And this is me. As one of the indoor type person I have a bad socialize ability. So guess what? Yes I don’t really have much friend. Don’t really make friend. Totally lonely.

Even I’m good in class. Good in having friend but I cant take it out of class. Somehow I just cant. I was just like always make a barricade between me and people out there. So I could say I am pretty happy in class but not really with in outside. Yes I hate to be me.

I wanted to change. But maybe sometimes I don’t know.There are any other reason why I’m going back home except that bad social ability. But the most powerfull and center point of my problem is this I guess.

The other biggest reason is I forgot to consider the most critical part when I decide to college in big city. I forgot the love part. Not love stuff like what you think. It’s not like girlfriend. In fact I’m still single but I will talk about that later.

What I really mean here is the love of family. I am missing home. I am missing my little island. And I am very missing my family. My mom and my two little sisters. I am missing them so much. I have learned that it is not about the good college or education that matter.

What matter is making yourself comfortable and for me now I think the best thing in the world is being home. Nothing compares to that. Nothing at all

Now my plan is going home, study, and join in selection to a college in my town.


Part 2: tentang ir

International relations atau hubungan internasional adalah jurusan yang pernah saya lalui selama satu semester. Walaupun demikian hal itu tidak mencegah saya untuk membuat tulisan-tulisan yang mungkin dapat bermanfaat.

Dengan pengalaman yang hanya satu semester saya ingin memperkenalkan apa itu yang dimaksud dengan IR atau HI. Dengan kata-kata sederhana yang saya mengerti.

HI adalah jurusan yang bisa dikatakan mengasikkan. Untuk anda yang berminat dengan dunia internasional. Cerita asal mula kenapa saya memilih jurusan ini dulu juga karena minat dan kesenangan saja.

Karena kebetulan tidak ada jurusan lain yang menarik hati. Dan saya bingung apa yang akan saya pilih sebagai jurusan yang akan dipelajari. Jika ingin mengetahui secara super detail silahkan baca di Wikipedia. Disana akan dijelaskan dengan sangat panjang lebar.

Dengan namanya kita sudah sedikit mengetahui apa sebenarnya ini. Dengan dua kata yaitu hubungan dan internasional. Jurusan ini bisa dikatakan sebagai jalur yang wajib dilalui oleh mereka yang ingin berkarir di dunia diplomatic.

Sebagai perwakilan Indonesia di mata dunia dalam bentuk kedutaan besar. Yang setiap harinya mengurusi tentang politik  internasional. Namun hal ini hanya berlaku saat awal-awal kemunculannya saja.

Dunia keHIan jaman sekarang sudah menjangkau hamper ke semua bidang yang ada. Dan kesemuanya itu patut disyukuri karena keberadaan globalisasi.

Seperti yang kita ketahui kalau jaman-jaman rentang waktu dunia ini dibedakan menjadi beberapa bagian. Jaman sebelum masehi, jaman pertengahan, jaman kegelapan, jaman penerangan, jaman perang dunia, jaman perang dingin dan jaman yang sekarang yaitu jaman globalisasi.

Dimana semuanya serba-serbi global. Sistem informasi dan komunikasi yang luar biasa sudah dianggap wajar karena perkembangan teknologi. Adanya keajaiban internet yang menghubungkan dan menyamaratakan dunia. 

Menurut yang saya pelajari. Ilmu HI ini dilahirkan pada akhir abad ke 20. Dengan tujuan adalah kedamaian dunia. Dari perang dunia I atau II yang sudah ada manusia mulai berpikir untuk bagaimana bisa menghentikan, mencegah, atau setidaknya meminimalisir timbulnya perang yang lain lagi.

Karena kerugian yang didapat dari perang yang pasti untuk yang pihak maupun kalah. Para pemikir mulai berpikir akan hal ini. Namun secara resmi ilmu ini diajari di universitas yaitu sejak akhir abad 20. Dalam awal kelahirannya, para pemikir HI memiliki sifat yang bernama idealis.

Yaitu dengan pemahaman ini para pemikir hal-hal ideal. Murni hanya berpikir tentang menhentikan perang apapun yang terjadi. Sesuai namanya yaitu ideal. Tujuannya adalah mencapai tujuan dengan prinsip ideal. Namun kemudian bermunculan paham yang lain seperti realis, marxisme dan lain sebagainya.

Sekarang wilayah kerja untuk lulusan jurusan ini sudah sangat luas dan bukan hanya diplomat saja. Bisa masuk ke dunia organisasi internasional, lembaga sosial masyarakat, perusahaan dan lain sebagainya. Sesuai apa yang ingin kita lalui saja ingin jadi apa. Mungkin kalian bisa cari yang lainnya di google. Namun saya yakin walau apapun jurusan yang kita ambil kalau kita mau kita pasti bisa bekerja apa saja. 

Selama semester satu saja mata kuliah yang saya pelajari adalah ; pengantar ilmu HI, pengantar ilmu politik, filsafat ilmu, kajian islam, pengantar sosiologi, pengantar ekonomi dan bahasa inggris 1. Mata kuliah yang paling saya sukai adalah pengantar ilmu HI. Karena di mata kuliah itu kita diperkenalan apa itu sebenarnya HI. Dan yang paling tidak saya suka adalah pengantar ekonomi karena saya hancur dengan hitungan dan angka. Dan yang paling berkesan adalah belajar  filsafat.

Filsafat ilmu. Dengan mata kuliah filsafat ilmu saya belajar banyak hal yang menakjubkan. Bapak dosennya luar biasa. Kami membahas tentang hal-hal yang selama ini hanya terperangkap dalam pikiran saya. Karena merasa hal tersebut merupakan hal yang tidak pantas untuk dibicarakan. Namun kami membahasnya dalam mata kuliah ini.

Kami membicarakan tentang kehidupan. Mempertanyakan arti kehidupan. Tentang keberadaan kita di dunia. Beliau berkata bahwa kunci dalam belajar filsafat adalah dengan bertanya. Dengan terus mempertanyakan hal-hal. Karena begitulah awal mulanya ilmu filsafat bahkan ilmu-ilmu yang lainnya juga. Mempertanyakan segala hal yang ada di sekitar.

Kami diperkenalkan dengan para pemikir zaman yunani kuno. Aristoteles, Socrates, dan nama-nama besar lainnya. Pemikiran-pemikiran mereka. Cerita seru yang tetap terkenang. Saat uts dan sadar kalau buku catatan tidak terlalu berisi materi.

Bukan karena saya malas mencatat. Tapi memang kegiatan kami dalam kelas lebih kepada menyimak hal yang disampaikan. Dan beliau jarang dan tidak terlalu banyak mencatat. Paling tidak hanya menuliskan inti yang dibicarakan saja.

Namun untungnya beliau memiliki blog. Dan dalam blog tersebut terdapat materi yang siap untuk didownload. Saya pun mendownload semuanya kemudian mengeprint dan menjilid dengan kover kertas putih kosong.

Apakah anda tahu seberapa tebal hasil printan tersebut. saya bisa mengatakan itu cukup tebal. Dan alhasil cukup membuat stress waktu membacanya. untungnya beliau ini berbeda dengan dosen yang lain. Beliau mengupload soal-soalnya.

Cukup banyak soal dan mengharuskan kita memilih beberapa dari sekian banyak itu. Untuk dijadikan soal saat uts dan sebagian soalnya lagi akan dipilih oleh beliau. Jadi cukup tertolong. Namun saya cukup antusias karena senang dengan mata kuliah ini. Dan sukurlah semua berjalan lancar.

Pengantar ilmu politik. Dengan belajar pengantar ilmu politik mata saya jadi sedikit terbuka tentang apa itu politik. Dengan mempelajari pengertian dan paham para pakar politik.

Dan yang paling berkesan adalah tentang politik Machiaveli yang kurang lebih itu intinya membenarkan tindakan sewenag-wenang para pemimpin atau pemegang kekuasaan.

Dan bagi mereka yang melakukan hal ini disebut Machiavellian. Hal ini terkadang menjadi alasan bagi mereka untuk melakukan hal yang tidak benar. Dan berkata bahwa mereka melakukan tersebut berdasarkan pada pola piker seorang pemikir politik ternama yang bernama machiaveli.

Namun ternyata hal tersebut salah karena mereka hanya membaca satu dari dua buku yang ada sehingga mereka tidak benar-benar memahami maksud dari machiaveli.

Namun secara pribadi saya berpikir bahwa para politikus yang melakukan hal-hal salah itu tidak sepenuhnya salah. Saya dapat sampai pada kesimpulan itu karena saya mengetaui salah satu pengertian politik, yang mengatakan bahwa politik adalah melakukan apapun untuk mendapat hidup yang lebih baik.

Dengan singkat kata kita membutuhkan politik jika ingin membuat diri kita dalam kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. Mungkin pendapat saya tidak sepenuhnya benar tapi inilah pendapat saya, silahkan koreksi jika ada yang kurang berkenan. Saya akan sangat senang menerima.

Pengantar sosiologi. Dalam belajar sosiologi kami banyak mencatat dan dosennya sangat aktif dalam menjelaskan materi. Beliau memiliki kemampuan komunikasi dan gurauan yang cukup hebat.

Tak jarang kami tertawa lepas dalam kelas. Namun sering juga dia menyampaikan lelucon yang sama dan saya merasa tidak ingin tertawa tapi kami tetap berusaha tertawa dan itu awkward. Tapi secara keseluruhan dia dosen yang hebat dan jarang tidak masuk.

Hal yang special tentang beliau. Kami pernah diminta berfoto bersama sekelas dengannya. Hal itu tidak pernah terjadi dengan dosen yang lain.

Pengantar ekonomi. Tidak banyak yang bisa saya jelaskan tentang mata kuliah ini. Karena saya tidak teralalu menyukainya seperti yang sudah saya sebut seelumnya.

Walau sebenarnya say cukup tertarik membicarakan ekonomi jika tanpa angka. Saat belajar contoh soal, saya sering berusaha untuk duduk di depan agar dapat mencatat karena beliau sangat cepat menghapus tulisannya. Walau saya tidak mengerti sama sekali tapi saya tidak malas untuk mencatat.

Hal ini juga berlaku dulu waktu saya masih sma. Belajar matematika juga sama karena catatan saya selalu penuh padahal banyak yang tidak saya mengerti

Bahasa inggris. Kami memiliki satu gedung khusus untuk kelas bahasa inggris. Bagai saya kelas bahasa inggris adalah kelas yang membahagiakan.

Jadi saya tidak terlalu stress saat jam bahasa inggris. Selain itu dosennya juga asik. Kami melakukan presentasi-presentasi. Namun sayangnya kami tidak sepenuhnya dengan dosen yang asik itu karena diganti dengan yang lain.

Kebahagiaan memang tidak bertahan lama. Kami menggunakan full English dalam kelas. Tapi tidak terlalu juga karena kami sering pakai bahasa Indonesia haha.


Part 3: the whole story


semuanya berawal dari bahkan sebelum ujian nasional. sebelum ujian nasional dimulai aku sudah bertekad masuk kesana (disebut saja kali yah) ke umy. salah satu perguruan tinggi swasta di kota jogja. aku mendengar kabar tentang kampus ini dari kakak kelas waktu masih smp yang sekarang sudah kuliah disana. aku dengan dia beda satu tahun lah. 

padahal awalnya aku tak berpikir sama sekali untuk itu, untuk kuliah di luar. well sebenarnya ada dulu tapi kalau mau tahu tentang cerita itu maka kita harus mundur sedikit lagi kebelakang.

aku dari dulu ingin sekali menjadi seorang dokter, entah dari mana asal mulanya saya berakhir memiliki cita-cita gila ini. cita-cita yang paling banyak yang dimilki orang atau anak-anak. masih ingat gak kalian kalau dulu waktu sd sering ditanya guru; kalian nanti kalau besar ingin jadi apa?. ternyata sejak dulu sekali kita semua memang sudah berhadapan dengan pertanyaan yang akhir-akhir ini aku sadari sebagai salah satu pertanyaan tersulit yang aku mungkin juga masih tidak yakin ingin jawab apa.

tapi dari dulu aku selalu saja mengacungkan tangan tinggi-tinggi dan berkata igin jadi dokter bu guruuu.
yah namanya juga masih anak kecil yang sama sekali tidak tahu menau tentang apapun secara lebih mendetail. cita-cita ini terus aku pegang sampai sma. yah bahkan sampai sma pun aku masih memiliki cita-cita ini. baklah jujur kalau ditanya masih yah memang masih tapi keyakinan tentang apakah ini akan berhasil memang sudah agak rapuh dan tidak kokoh seperti dulu.

semakin besar, semakin tahu dunia dengan bantuan google. mengetahui sedikit demi sedikit bagaimana dunia nyata ini berjalan. bagaimana kita dihadapkan dengan realitas yang respon yang nanti akan digunakan. apa kita akan menjadi seorang idealis yang tetap menjunjung tinggi mimpi atau seorang realis yang siap menerima kenyataan bahwa tidak semua hal bisa didapatkan.

mungkin aku ingin memberikan sedikit warning kalau artikel yang satu ini adalah termasuk golongan pure real experience story atau curhat. jadi mungkin akan sedikit banyak akan bisa menjadi sangat cukup panjang. tapi karena berhubung tidak ada yang tahu blog aku ini dan aku juga tidak ingin memberi tahu, hal ini membuat diriku sendiri supaya bisa tetap nyaman dalam melakukan kegiatan curhat ini.
sampai dimana tadi? hhmm idealis vs realis kan?

sebagai seorang anak yang mulai tumbuh besar dan mulai bertanya akan segala sesuatunya yang ada di sekitar dan terlebih lagi tentang kehidupan, jelas aku membutuhkan suatu bimbingan, suatu tempat dimana bisa menujukan semua pertanyaan-pertanyaan itu, untungnya sejak dua ribu sepuluh saya sudah memulai aktif bertanya pada google.

dengan bermodal pemberian hp pertama dari papa, aku mulai bergoogling ria. ya aku baru mendapat hand phone pertama kali saat kelas satu sma.

tapi jangan kalian pikir aku langsung menjadi seorang realis saat kelas satu. aku tetap seorang dreamer sampai akhir kelas tiga. haduh aku bahkan bingung mau menceritakannya bagaimana nih, runtutan ceritanya menurut aku sendiri saja yah.

saat kelas satu sma aku berusaha keras untuk bisa menjadi anak ipa. perlu diketahui di tempatku tinggal anak ipa memang menjadi favorit dibanding ips entah kenapa, walau pada endingnya selalu sama yaitu anak ipa waktu di sma banyak yang mengambil jurusan ips di kuliah. tapi waktu itu selain mengikuti tradisi yang mengakar itu, sebenarnya aku masuk jurusan ipa tulus karna ingin jadi dokter loh.

lalu waktu kelas dua dan tiga aku pun berkutat dengan pelajaran ipa selayaknya anak kelas ipa. kimia, fisika dan biologi. kalo boleh jujur aku hanya suka biologi dan sangat hancur di dua sisanya.

namun biarpun aku sendiri sadar dengan kemampuan aku yang pas-pasan aku tetap percaya diri kalau masih mungkin bisa menjadi dokter kalau memang ingin berusaha dan tuhan mengijinkan. dengan film-film kartun ajaib ala Disney, dengan kisah fairy tale yang kental aku mulai membuat diri aku sendiri untuk menjadi lebih percaya confident dengan the power of believe.

bahkan sampai apada saatnya dimana aku bukan hanya mensugesti diri sendiri tapi juga teman lain. kita berbicara tentang rencana hidup kedepan yang terdekat yaitu kuliah dan berniat untuk mengikuti seleksi masuk kuliah yang aku sebut perang. dan lucunya adalah justru aku sendiri yang tidak ikut perang dan hanya mengandalkan golden ticket berupa lolos seleksi berkas di umy.

bagaimana ceritanya? cerita bagaimana kau kehilangan semangat dan berubah dari seorang dreamer menjadi loser?

kalau diingat lagi hal itu sangat melo drama dan over reacting. I don’t know. perasaan aku sekarang sudah tidak bisa mnegingat perasaan waktu itu dengan baik.

pada saat itu mama memanggilku dan berkata dengan jelas bahwa mungkin mimpi aku itu sudah waktunya untuk selesai sudah masa berlakunya. karena mungkin memang tidak akan bisa menjadi nyata. dulu mungkin masih bisa ada harapan untuk terkabul, tapi sekarang tidak lagi.

papa sudah meninggal tahun dua ribu sepuluh, saat aku baru masuk sekolah di bangku sma untuk beberapa bulan. papa dululah yang selalu membakar semangat bahwa aku pasti bisa, bahwa papa akan berusaha melakukan apa saja selama papa masih hidup untuk mewujudkan mimpiku.

tapi sekarang papa sudah tidak ada lagi, dan aku harus bisa menerima kenyataan bahwa pendidikan kedokteran itu tidaklah murah. seketika semua energi yang selama ini ada menggelora bagai api yang membara lenyap sudah disiram siraman kenyataan hidup yang dingin mencekam.

aku pun mulai mencari alternativf, apa yang akan aku lakukan selanjutnya, aku ingin jadi apa. aku pun mengisi kolom seleksi perguruan tinggi undangan berupa seleksi berkas nilai rapot dengan sistem online, dengan asal hanya berpikir kuota besar, dengan jurusan yang juga asal walau akhirnya tidak diterima juga.
tak ada sama sekali semangat ingin ikut seleksi perguruan tinggi yang tertulis. merasa diri paling bodoh dan memang tidak tahu ingin pilih yang mana, tak ada jurusan yang aku suka. ditambah lagi memang karena aku sudah mendapat tiket emas berupa lolos di umy melalui seleksi berkas.

cerita tentang bagaimana bisa kau bertemu dengan yang namanya umy.
waktu itu aku sedang online facebook dan menerima pesan dari kakak kelas yang aku sudah ceritakan di awal cerita tadi. namanya adalah kak inggi. kami berbincang dengan topik kuliah dan dia bertanya aku ingin melanjutkan kuliah dimana, aku menjawab disini saja, di dalam kota. kemudian dia memberikan usul sekaligus promosi tentang kampusnya, umy. karena yang kau tahu kalau pergurun tinggi swasta/pts itu pasti mahal aku pun langsung menolak dengan malas. dia pun menjawab tidak terlalu.

aku pun mulai saat itu juga mulaimencari tahu semua informasi tentang kampus itu. aku mulai dengan website resminya, membaca dan mendownoad semua yang diperlukan dan meminta ijin mama, dan tak disangka-sangka mama setuju.

lalu aku pun segera melakukan persiapan semua syarat yang diminta. mnegirim data. dan akhirnya dinyatakan lulus. jauh hari sebelum ujian nasional, kalau tidak salah waktu ujian sekolah atau ujian try out aku lupa. wow aku pun bersemangat kembali seakan memilki tujuan baru dalam hidup, seakan merasa bahwa ini adalah jalan yang sebenarnya yang telah diatur tuhan untukku.

singkat cerita aku pun lulus sma. lalu pergi kuliah keluar kota. seperti di film-film. perasaan haru dan semangat mencari jati diri kemudian menjadi manusia yang baru di negeri orang, pulau jawa. kalo boleh aku sedikit lebay, soundtrack aku waktu itu adalah breakaway dari Kelly Clarkson.

melakukan hal-hal seperti yang  lain lakukan, mencari kos-kosan. lalu segala peralatan keperluan sehari-hari yang lainnya juga.

oh yah lupa. semua tahapan mulai dari paling awal sangat dibantu oleh twitter. kampus umy ini tenyata sangat update dan berjiwa muda. sistem online, dengan para admin yang ramah membantu kami para camaba. atau mungkin semua kampus memang seperti itu yah, I don’t know.

kemudian ada ospek, yang kebetulan namanya bukan ospek kalau di umy, tapi masa taaaruf yang kemudian disingkat mataf. tidak seperti bayangan ospek yang mengerikan, semuanya berjalan lancer dan baik-baik saja, sebagian besar menikmati layar besar yang memperkenalkan tentang dunia kuliah.

setelah mataf ada makrab atau malam keakraban, dimana kita akan dibuat akrab satu sama lain dalam satu jurusan. walau sebenarnya tidak terlalu berhasil dan yang ada hanya berhasil dekat dengan teman kelompok masing-masing saja, atau setidakya begitu menurutku.

tetapi again karena sifat super shy aku yang bodoh dan tak beralasan ini. aku gak bisa dekat dengan mereka setetah makrab. padahal mereka sangat sering ngajak jalan. tapi aku selalu nolak. dan ternyta mereka satu per satu pada jadian karena cinlok hahaha.

suasana belajar di kelas. hhmm, asik. anak-anak semuanya sih ramah dan baik tapi yah masalahnya cumin akunya yang anak rumahan yang tidak pintar bergaul makanya tidak terlalu berasa greget. oiyah aku yang menggagas membuat grup line kelas loh (sedikit berbangga) karena aku pernah meminta nomor telpon semua anak-anak kelas dengan selembar kertas.

kemudian begitulah, kita berkomunikasi lewat grup line itu. bahkan pernah digunakan untuk memastikan apakah dosen yang mengajar di hari itu hadir atau nggak. tinggal nanya teman rajin yang udah nyampe di kampus.

dan momen paling menyenangkan itu kalau ternyata dosennya gak masuk dan ada pemberitahuan di layar monitor yang menggantung di lobi. masih asik di kosan dan malas pergi lalu tahu dosen memang absen, wah rasanya kayak surge, langsung tidur lagi walaupun udah mandi, haha ketahuan kebo.

yang aku lakuin selama ada waktu luang. nonton film. ternyata di jogja itu warnetnya disediain film banyak banget dan tinggal di kopi aja. sudah tak terhitung berapa kali sudah bulak-balik ke warnetnya hahaha. menyedihkan sih memang karena kaunya yang gak pintar bergaul jadinya gak punya teman atau berasa gak punya teman. nonton film pun jadi pelampiasan, bukan lagi menjadi hobi tapi sudah kebutuhanan untuk menghilangkan rasa kesepian. hiks. hiks

tentang teman-teman kelas, macam-macam lah sifatnya. secara satu Indonesia bertemu di satu kampus buahaha. kebetulan aku sekelas bareng anak dari ternate jugah, beneran. tidak tanggung-tanggung bahkan sekalian tiga ditambah aku jadi empat. lumayan lah jadi gak pake bahasa Indonesia tinggi setiap saat. barang terkadang barasa lala juga ternyata bacarita aku kamu aku kamu hahaha. maksudnya jadi bisa pake bahasa melayu daerah lah gitu.

ada diego yang beneran serius ingin belajar, setiap jam kuliah selalu duduk di kursi barisan paling depan. ternyata orang macam itu bukan hanya ada di film pemirsah. ada juga zafran yang belaga kayak preman padahal pintar juga, bahkan alim hahaha. ada anjas suka pake gue elo kalo ngomong karena asalnya dari banten. ada adit yang awalnya dianggap teman cewek sebagai orang yang sok karena dari Jakarta padahal pada akhirnya mereka jadi gebetan walaupun akhirnya berakhir karena alasan yang gak jelas. ada dimas yang hobinya sama kaya aku yaitu suka ngopi film dan nonton, kalo ngomong film sama dia umayan nyambung lah. ada aab yang gayanya metal abis, hobinya nonton konser tapi ternyata cerdas banget kalau lagi belajar. hahaha jadi sedih nih. keingat mereka. masih banyak lagi yang lainnya.

selain di kelas biasa, kita juga punya kelas yang lainnya yaitu kelas bahasa inggris. di kelas ini kita ditentuin pake sistem level gitulah. yang asik tentang kelas ini, di kelas ini kita sering melakukan presentasi dan yang paling berkesan adalah presentasi tentang membantu suatu imagination invention. ceritanya kita jadi seorang inventor dan mempresentasikan invention kita hahaha.

dan sebenarnya ada dua cewek, dini dan ziah yang menjadi perhatian aku, hihihi. mereka pake jilbab panjang. persis kayak gambar-gambar islami di fan page islami di facebook gitulah, atau semacamnya. tapi seperti biasa rasa ini hanya berdiam di dalam sudut hati paling ujung. well lagian mikir-mikir juga mereka pasti gak akan mau kan mereka islami. hah mereka. hahah iyah aku tertarik sekalian ke mereka berdua.
karena memang tidak punya sama sekali pengalaman dalam dunia percintaan. yang bisa aku lakukan kalau suka yah Cuma mengahayal.

selain kelas-kelas biasa itu, aku juga ada kegiatan lain. karena waktu sma pernah ikut klub debat, jadinya di kuliah juga aku nyari klub debat, dan berhasil bergabung di saat-saat pertama. tapi lagi dan lagi karena aku yang tidak confident makanya walaupun sudah bersama mereka cukup lama aku tetap merasa asing dan kaku dan begitulah.

mereka hebat-hebat loh. bahsa inggris beraksen jawa yang kental mereka menari-nari dengan argument-argumen yang indah dalam setiap kesempatan latian. ada ka bimo yang berkaca mata dengan tatapan tajam dan terkadang menipu dan menakutkan. yang lainnya lagi.. haduh aku udah lupa. selain tidak pintar bergaul, aku memang juga penyakit suka gampang lupa nama orang.

yang seangkatan ada yudha. dia orangnya sangat bersemangat dalam setiap latihan dan memang menjadi yang paling konsisten. yah karena kenyataan pahit mau atau tidak, aku bosan dan akhirnya tidak pernah ikut latihan lagi.

tapi pernah menonton dan member support saat mereka lomba di ugm. di fakultas hokum. orangnya banyak sekali. ruang belajarnya bagus dan kursi lipatnya juga bagus. ngomong-ngomong tentang ugm aku juga ternyata selama kurang lebih enam bulan disana tidak sekalipun masuk ke ugm.

padahal dari dulu pengen sekali. tapi begitulah aku juga bingung diri aku sendiri yang aneh ini. hanya sering lewat depan gerbangnya saja. karena kalau mau pergi ke kosan kakak yang dekat uny memang pasti bakal lewat ugm.

ngomong-ngomong tentang jalan. setiap kali aku pengen ke kosan kakak, aku lewat jalan yang ada petunjuk tulisan seperti ugm belok kiri terus belok kanan dan sebagainya. well jujur karena aku memang anak a real anak rumahan jadi aku gak suka jalan-jalan bahkan jogja sekali pun tak bisa menggodaku.

aku juga sudah pernah coba ikut berbagai seleksi ukm. tau kan ukm itu apa. itu seperti eskul di sma. aku yang sama sekali gak pernah mengikuti hal-hal semacam itu akhirnya memutuskan untuk ingin ikut. dan saat aku begitu semangat dan berharap ingin ikut eh ternyata tidak diterima dimana-mana.

pertama dari ukm jurusan. karena jurusannya hubungan internasional atau hi jadi ukm itu namanya komahi yang berarti singkatan dari krps mahasiswa hi. aku gagal masuk. tes masuknya kayak ingin masuk kerja beneran. gila seram banget.

dan memang karena aku yang belumpunya pengalaman apa-papa tentang dunia keorganisasian ini. akhirnya dengan gampangnya aku tidakditerima. walau sebenarnya dari banyak teman sekelas yang juga ikut daftar yang lolos masuk cumin satu. yang artinya bukan aku yang terlalu buruk tapi memang tesnya yang mungkin saja terlampau susah. cukup menyakitkan.

aku juga coba ukm yang lainnya. namanya sea kalo tidak salah ingat. atau semacamnya lah. tentang bahasa inggris gitu. dengan cukup percaya diri aku yakin pasti bisa diterima, padahal ujung-ujungnya aku gak diterima juga. semakin sedih.

lalu aku juga coba ukm yang bergerak di bidang seni. lebih tepatnya ukm music dan ukm paduan suara. karena cukup pede kemampuan menyanyi dalam hati, aku pun ikut.

untuk ukm paduan suara itu cukup terpandang, karena suara mereka bagus dan sering menjadi kebanggaan dan anak emas universitas setiap ada acara-acara sebagai penghibur. aku mengisi formulir dan mengikuti show case yang dimana kami para calon anggota disajikan perform mereka para senior dalam bernyanyi berbagai lagu. lalu juga dijelaskan juga asal muasal sejarahnya juga. 

percaya gak kalau aku nulis di lembaran formulirya kalau pengalaman menyanyi yang aku punya itu adalah hanya menyanyi di depan kelas di kelas kesenian? hahaha

lalu aku juga ikut seleksi ukm music. aku bawa lagunya simple plan yang loser of the year versi akustik tanpa gitar. jadi seharusnya disebut versi vocal only kali yah hahaha. dan juga lagu lascar pelangi yang ternaya aku lupa lirikya ya ampun.

ternyata tes nya bukan nyanyi saja tapi juga pengetahuan tentang ukm itu. kita para calon member diberi materi selama beberapa kali pertemuan lalu di uji dalam suatu interview. singkat cerita aku lolos dengan nilai yang sangat pas-pasan. well setidaknya aku keterima yak kan. ini satu-satunya ukm yang nerima aku setelah yang lain menolak. dan tentang paduan suara ternyata audisinya masih lama.

lalu kami pun disuruh melakukan persiapan untuk melakukan makrab. seperti makrab jurusan yaitu pergi ke suatu tempat semacam puncak dan bermalam. tapi ternyata kali ini di gunung gitu dan benar-benar pakai tenda kemah dan bukan lagi dalam penginapan.

singkat cerita lagi nih disana itu kita dibuat kayak tentara gitu. aku gak akan bilang disiksa tapi dilatih menjadi lebih disiplin mungkin. yang tidak enak itu makannya rempong pake banget beneran. saling suap, huek menggelikan. tapi asik sih, yah mungkin karena aku baru pertama kali merasa hal semacam ini karena baru kali pertama kali ini ikut organisasi, tapi biarpun begitu aku tetep stay cool kayak berasa bisa saja huahahaha.

yang seru adalah sebelum ke tempat perkemahan ini, kita sudah cukup sering pergi ke studio music untuk latihan perform. iyah kita semua diharuskan perform, jadi dibuat semacam band gitu setiap kelompoknya. karena aku kebertulan gak tahu main instrument music apapun maka hanya jadi vokalis haha senangnya. kita bawain lagunya maroon 5 yang reffrainnya this love la la la la la gitu haha lupa.terus lagu keduanya itu bondan fade 2 black yang not with me kalo gak salah.

hal menyenangkan selain mengkopi film di warnet, adalah menonton film di bioskop. wah ketahuan kampungan sekali yah aku ini hahaha. kebetulan aku pernah nonton bioskop tapi kebetulan juga hal itu terjadi saat aku masih sangat kecil. sehingga tak ada sama sekali ingatan tentang itu.
baru menonton dua film di bioskop. film 99 cahaya di langit eropa dan frozen. walaupun kenyataannya pahit karena aku nontonnya selalu saja sendirian, tak ditemani siapapun.

selain bioskop, aku juga suka sekali dan memang sudah dari dulu hobi nonton tv. pada saat-saat awal benar-benar merasa sedih karena tidak ada tv. sukurnya adalah disana itu jaringan internetnya super bagus ditambah super murah. map bukannya mau promosi tapi memang benar ternyata ikan-iklan seluler yang selama ini aku lihat di tv itu. 

aku memilih kartu tree. dank arena aku memakainya hanya untuk menggunakan paket internetnya maka alhasil aku rajin banget gonta-ganti beli kartu. sangat murah dan terjangkau kalau dibandingkan dengan paket telkomsel.

dank arena bagusnya jaringan makanya aku rajin banget online. bahkan aku sering sekali yang namanya streaming, di youtube atau tv online.

okeh mar kita kembali lagi ke tv. setelah beberapa saat sepi sunyi karena gak punya tv, akhirnya setelah pengajuan proposal berulang dan sedikit rayuan memaksa akhirnya dibelikan tv juga. tv disana pakai antenna kecil saja sudah langsung dapat siaran, yah walau memang gambarnya buram dan banyak semutnya tapi lebih baik daripada tidak sama sekali kan.

tentang makanan. setiap hari selalu beli. yang paling sering itu ke burjo, singkatan dari bubur kacang ijo yang ternyata bukan hanya jual bubur kacang ijo tapi berbagai makanan lainnya, bahkan buburnya jadi menu nomor sekian. makannya sih biasanya itu nasi telor, atau supermi. hahaha benar-benar merasakan gak enaknya jadi anak kosan yah waktu makan itu.

aku juga pernah ke pantai parangtritis. pantai yang ada di ujung selatan sehingga kalau lihat dip eta maka akan langsung menuju lautan bebas. akhirnya kakak mengajak kesana, atau aku yang maksa pingin kesana sih haha. perjalanannya lumayan jauh, jalannya panjang lurus terus. yah begitulah namanya juga kota besar, kalau disbanding dengan ternate yang hanya pulau kecil memang tidak ada apa-apanya.

namun semua itu sekarang tinggal kenangan. aku udah memutuskan untuk menyerah dan kembali pulang. sekarang hal-hal itu hanya akan jadi memori yang bisa dijadikan pelajaran. mama memang benar kalau hidup di luar sana memang gak enak, dan aku akhirnya kembali.

alasannya adalah tidak merasa betah, mungkin menurut orang lain kebanyakan hal ini mungkin akan dianggap tidak mungkin. tapi begitulah adanya, inilah jalan hidup yang aku pilih.




Apa yang dipelajari di jurusan hubungan internasional? Ini dia daftarnya.

Walaupun aku hanya kuliah satu semester di jurusan HI dan pulang ke rumah karena tidak bisa bertahan hidup merantau karena aku adalah anak rumahan, tapi aku ingin membantu kalian yang mungkin tertarik dengan jurusan ini dan penasaran apa yang dipelajari. Jujur aku sangat suka dengan jurusan ini, jadi biarpun aku tidak bisa belajar formal,  aku tetap ingin mempelajarinya. Hiks.

Tere rereng

MATA KULIAH JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL

hahaha bacanya pake intonasi waktu kayak baca judul doraemon yang tiap hari minggu pagi yah.
Here they are

Pengantar ilmu hubungan internasional
Filsafat ilmu
Kajian islam
Pengantar ilmu politik
Pendidikan pancasila
Pengantar ilmu ekonomi
Pengantar sosiologi
Bahasa inggris 1
Isu-isu hubungan internasional
Metode penelitian sosial
Kemuhammadiyahan
Civic education
Ide-ide politik
Sistem politik indonesia
Sejarah dunia
Pengantar hukum internasional
Bahasa inggris 2
Teori hubungan internasional 1
Pemikiran politik islam
Pengantar diplomasi
Politik luar negeri indonesia
Ekonomi politik internasional
Organisasi & institusi internasional
Kajian uni eropa
Bahasa inggris 3
Teori hubungan internasional 2
Hubungan internasional di timur tengah
Teori perbandingan politik luar negeri
Hubungan internasional di asia tenggara
Ekonomi politik di asia timur
Politik global amerika serikat
Pengantar kajian strategis
Bahasa inggris 4
Metodologi ilmu hubungan internasional
Masalah di dunia islam
Bahasa inggris 5
Seminar hubungan internasional
Hubungan internasional dalam perspektif islam
Bahasa inggris 6
Sejarah diplomasi di dunia islan
Diplomasi kebudayaan
Hukum diplomatik
Resolusi konflik internasional
Tehnik negosiasi internasional
Praktikum diplomasi
Kajian LSM internasional
Kajian lingkungan global
Hukum humaniter internasional
HAM dan demokrasi
Kajian gerakan islan transnasional
Kajian migrasi internasional
Kajian perusahaan internasional
Politik perdagangan dan investasi internasional
Hukum perdagangan internasional
Kajian lembaga ekonomi & finansial internasional
Kewiraisahaan global
Politik ekonomi islam internasional
Politik & pemerintahan australia
Politik & pemetintahan jepang
Politik & pemerintahan china
Politik & pemerintahan di amerika latin
Politik & pemerintahan di afrika
Masalah-masalah di negara sedang berkembang
Kepemimpinan politik
Jejaring advokasi internasional
Kajian gender & politik
Politik & pemerintahan rusia
Politik & pemerintahan di asia selatan
Politik & pemerintahan di afrika
Politik islam di asia tengah
Hak asasi manusia
Kajian globalisasi
Kajian partai politik dan opini publik
Bahasa arab 1
Bahasa arab 2
Bahasa arab 3
Bahasa jepang 1
Bahasa jepang 2
Bahasa jepang 3
Bahasa mandarin 1
Bahasa mandarin 2
Bahasa mandarin 3

Keterangan:
Tidak semua daftar mata kuliah ini akan dipelajari karena mulai dari semester lima akan dilakukan penjurusan.
Penjurusan ada tiga sesuai dari minat kita; diplomatik, masyarakat internasional dan bisnis multinasional. Kita harus memilih satu diantara tiga.
Mulai semester lima juga kita akan diberi pilihan dari sekian mata kuliah kita mau ambil yang mana, akan diberitahu batas jumlahnya.
Bahasa inggris dipelajari di setiap semester.
Selain bahasa inggris kita diharuskan memilih bahasa yang lain, memilih satu diantara tiga: bahasa arab, bahasa jepang atau bahasa mandarin.
Sumber: kartu perkembangan pendidikan, warnanya kuning dan berisi daftar mata kuliah, penulis dapatkan waktu jadi maba tahun 2013.


Comments