hanya kata yang belajar menari.





Indonesia adalah negara yang besar. Besar sejarahnya, besar masalah yang harus dihadapi setiap harinya, namun besar juga harapan-harapan untuk perbaikan kedepannya. Aku hanya satu dari sekian ratus jiwa yang lahir dan hidup di pelukan ibu pertiwi, tapi ijinkanlah aku membagikan mimpiku untuk Indonesia ini. Mimpi yang ingin ku wujudkan nanti.

Aku memimpikan Indonesia yang sadar literasi. Menjadi negeri yang tidak mudah dibohongi, karena tidak tuntas membaca dan mengkaji informasi. Aku memimpikan Indonesia, di mana setiap individu yang berdiri, bersinergi, membangun negeri. Dengan membumikan semangat berbagi cerita yang bukan hanya sebatas menginspirasi, melainkan mengajak berdiskusi, juga segera mengambil langkah bereksekusi.

Yang dilakukan selanjutnya adalah mengubah mimpi menjadi strategi. Lengkap dengan rencana-rencana pasti untuk menjawab janji-janji kepada negeri untuk mengabdi. Edukasi harus selalu menjadi pondasi untuk menjadi sosok yang mumpuni. Semoga aku dan kamu dan kita semua, bisa menjaga semangat ini berkobar dalam sanubari dan mendapat restu setiap pasang mata yang membaca sambil mengamini.


Ternate, 9 Februari 2020.


Comments