kemarin


(ceritanya memang kemarin tapi fotonya jelas bukan kemarin. terus kenapa? ingin saja)

Hari itu dimulai seperti biasa, aku dibangunkan tapi tidak langsung bisa bangun, yang berbeda adalah kalau hari itu bukan dibangunkan untuk menyantap menu makan sahur melainkan untuk persiapan sholat idul fitri, iyah bulan Ramadan sudah berganti dengan bulan syawal, mohon maaf lahir dan batin. Sekarang aku sedang terbaring di tempat tidur, semalam pulang sekitar jam sepuluh dalam keadaan basah karena 1. Sedang hujan dan 2. Tidak membawa jaket serta 3. Juga tidak membawa mantel hujan. Aku akan menceritakan apa yang terjadi di tengah hujan sepanjang perjalanan pulang, mungkin akan aku simpan di bagian akhir nanti saja yah, aku mau mulai cerita dari pagi hari dulu.


Pagi itu, yang cukup unik untuk diceritakan selain antri masuk ke kamar mandi setelah giliran mama dan dian dan dini adalah, aku sedikit sibuk sambil setengah percaya, mengisi undian online yang mendadak muncul di layar handphone saat aku sedang mengunduh lagu terbaru grup girlband yang baru-baru ini aku sukai, BlackPink, judulnya As If Its Your Lasttime, enak dan akan aku terus dengar sampai bosan. Undian online itu sekilas terlihat lumayan memungkinkan karena menggunakan lambang google, aku sudah mengisi formulir undiannya sampai setengah jalan, sampai akhirnya aku mencoba untuk bertanya ke google langsung dengan browsing menggunakan keyword persisnya dan langsung diarahkan ke salah satu link yang terdapat pernyataan pihak google kalau mereka saat ini sedang tidak mengadakan undian berhadiah dalam bentuk apapun dan yang artinya aku sedang tertipu pihak oknum yang tidak bertanggungjawab dengan berbagai pilihan hadiah berupa handphone keren.

Aku juga sempat mencari tahu mengenai sunah-sunah sholat idul fitri karena terkadag aku sering keliru antara sunah yang mengatakan makan terlebih dahulu atau tidak boleh makan terlebih dahulu, yang ternyata kalau idul fitri sebelum sholat kita disunahkan untuk makan dulu sedangkan kalau sebelum sholat idul adha kita disarankan untuk tidak makan terlebih dahulu, tentu bukan makan berat seperti nasi, makan kecil saja, semacam kurma gitu lah yah. Aku pun memakan satu atau dua buah.

Aku akhirnya sampai di mesjid yang berlokasi di dekat rumah, dekat dalam arti yang sebenarnya, tapi aku kurang tahu hitungan jaraknya secara angka sih, kira-kira saja yah, kira-kira nih, 100 meteran lah. Aku kemudian memilih tempat di dalam mesjid, bukan di teras mesjid, tapi di bagian belakang, alasannya yah karena aku suka saja, pas sholat barulah aku dengan terpaksa dan memang harus maju sampai sekitar barisan kelima dari depan dikarenakan mengisi kekosongan yang ada. Hal tersebut juga terjadi pada sholat taraweh, yang ternyata aku tidak pernah melaksanakan sholat taraweh di tempat yang lain selain di mesjid dekat rumah, padahal rencananya mau keliling berbagai mesjid yah rencana yang hanya tinggal rencana saja seperti biasanya. Untuk kasus tarawehan aku bahkan sempat sampai mendapatkan posis barisan pertama atau kedua, loh. Terpaksa mengisi kekosongan juga.

Ceramahnya seperti biasa lah, kurang begitu menarik dan menggugah. Akan tetapi lantunan takbir yang disenandungkan oleh sang penceramah lumayan enak didengar lah yah, aku kan memang penikmat seni sehingga aku tidak bisa berbohong jika melihat atau dalam kasus ini, mendengar, sesuatu yang indah. seperti biasanya juga para ustad mengulang-ngulang seruan untuk mengisi tempat yang masih kosong tetapi hanya beberapa saja yang akhirnya mau bergerak menjawab seruan tersebut, yang lain yang tetap diam di tempat, mungkin sudah nyaman di tempatnya, termasuk aku.

Sepulang dari sholat idul fitri, seperti biasa kita saling salaman bersama keluarga dan tetangga, sambil menyebut mantra yang sama, minal aidzin, terkadang dilengkapkan dengan, wal faidzin, yang padahal kalau boleh jujur aku gak tahu artinya sih. Kalau boleh asal menebak kayaknya itu adalah mohon maaf lahir batin versi bahasa arab tapi kayaknya aku gak terlalu yakin juga sih, nanti aku tanyakan ke google deh kalau ingat. Sesaat kemudian kami bergerak ke tempat pemakaman untuk menengok papa, hal ini adalah biasa kami lakukan setiap hari raya idul fitri maupun idul adha, tahun ini sudah tahun ketujuh. Sepulang dari pemakaman, kami melanjutkan saling salaman bersama tetangga yang tadi belum sempat kami singgah karena sudah harus buru-buru ke pemakaman.

Aku juga tidak lupa mengirimkan sms di sms grup teman-teman sasing sekelas. Kalau biasanya aku akan langsung menuliskan status atau mengunggah foto dengan caption berbau lebaran, tahun ini berbeda, karena aku masih belum mengaktifkan akun-akun sosial media yang sedang aku nonaktifkan. Bahkan sekarang aku menambahkan sosial media yang aku tidak ingin pakai, bukan dengan cara nonaktif tapi hanya dengan cara menghapus aplikasinya saja, aku menghapus aplikasi chat whatsapp dari handphone. Aku juga tidak tahu atas dasar apa aku memperluas no social media challenge sampai ke whatsapp juga tapi kayaknya aku hanya ingin saja dan sekarang handphone ini hanya akan berisik kalau ada pesan singkat yang masuk atau telepeon masuk atau alarm atau notifikasi channel youtube yang diikuti dan sedang online saja baru bisa ketahuan notfikasinya.

Ngomongin tentang internet, akhir-akhir ini sedang rajin-rajinnya mengunduh film nih, bukan dengan cara pergi ke warung internet yang jaringannya hancur sampai bikin naik darah lagi, aku pasang paket. Aku sudah nonton anime shingeki no kyojin atau mungkin yang lebih kalian kenal dengan nama attack on titan yang season kedua, terus aku juga sudah nonton anime relife tapi nonton season pertama saja sih tapi, terus aku juga sudah nonton power rangers yang jujur agak bikin kecewa, karena, gimana cara bilangnya yah, rasanya gak terlalu enak saja karena lebih ngerasa kayak nonton transformers yang ada orang di dalamnya dan kita gak bisa ngerasain sensasi nonton sebuah film power rangers tapi bukan berarti filmnya jelek banget juga, hanya saja, yah begitulah, silahkan nonton dan rasakan sendiri sensasinya dan memahami apa sebenarnya yang aku maksudkan, kalau kamu ngerasain yang sama. Aku sedang nonton, karena masih terus mendonlot, karena masih belum selesai. Drama korea yang judulnya Master of The Mask yang ceritanya tentang suatu waktu di jaman josean gitu tentang perpolitikan dan pencarian kekuasaan dan tahta dan sebagainya terus Circle yang ceritanya tentang pencarian Aliean dan pencarian kebenaran dibalik hilangnya ingatan dan settingnya ada dua, masa sekarang dan masa depan, dibikin penasaran apa yang sebenarnya terjadi.

Ayo kembali ke hari raya, jadinya hari itu aku berencana untuk ikut mama pergi bersilaturahmi tetapi setelah aku kembali dari bengkel untuk mengisi angin ban belakang yang lumayan kekurangan angin, mama sudah terlanjur pergi dan aku yang berusaha mengejar tapi gak bisa menyusul yah mama kalau bawa motor yah bisa dikatakan cukup laju juga bahkan terlalu laju sih menurut aku, kayaknya.

Aku pun kemudian mengikuti teman-teman untuk pergi bersilaturhmi ke rumah dosen-dosen. Tidak semua daftar yang kita sudah rencanakan berhasil mempertimbangkan ada yang tidak berlebaran di ternate tapi sedang mudik ke daerah lain, ada juga yang sedang beristirahat sehingga kita tidak berani untuk mengganggu, tapi ada juga sih yang sedang tidur tapi malah kami bikin bangun heheh.

Sebenarnya jalan-jalan kemaren itu berakhir di sore hari tapi aku dan dika memutuskan atau lebih ke dika memutuskan dan aku mengikuti, untuk melanjutkan perjalanan bersilaturahmi ke rumah teman yang tadi tidak sempat ikut jalan bareng sampai akhirnya hujan pun turun dari langit dan gak ada tanda-tanda mau berhenti sehingga memaksa kita untuk pulang walaupun kehujanan. Sepanjang perjalanan emnuju rumah teman yang lokasinya agak jauh itu  aku mencatat dua kali kejadian dimana dika ikut balap saat ada pengendara yang lainnya sedang balap, yah semacam hal yang akan terjadi saat motor besar bertemu dengan motor besar yang lainnya lah. Aku sempat ikutan balap juga, padahal hanya dengan whitney, nama motor berfisik kecil dan putih yang dikeluarkan oleh Yamaha dan menggunakn sistem automatic alias gak pake gigi dan hanya main gas yang sudah berumur.

Tadi malam, obrolannya berlangsung lumayan lama dan sengit dan dibarengi  beda pendapat yang kebanyakan adalah aku yang tidak menyetujui apa-apa yang dikatakan dika. Pembicarannya lintas topik seperti biasanya bersambut dari satu pembicaraan dan dilanjutkan pembicaraan yang lainnya.

Jadi sebenernya aku sudah gak tahu mau tulis apaan nih.

Jadi yang terjadi saat perjalanan pulang tadi malam di tengah rintikan hujan yang sebenarnya tidak bisa dibilang rintikan karena hujannya lumayan deras adalah aku seketika menangis tanpa menyeka wajah karena sedang hujan sehingga air hujan dan air mata pastinya akan terlihat sama saja. Aku nangis karena. karena, aku mendadak ingat kamu dan air mata pun terjatuh, bulir demi bulir. Aku sudah memutuskan untuk menghilang dari hidupmu dengan cara tidak muncul lagi di depanmu atau membuatmu menyadari kehadiranku yang contohnya seperti aku yang setia nonton insta story kamu di setiap kesempatan dulu untuk mengetahui bagaimna kabar kamu. Aku benar akan menghilang dan dan tidak akan muncul lagi dan menurutku ini adalah hal terbaik untuk dilakukan. Agak cheesy sih.

Saat sampai di rumah, aku langsung mandi dan berganti pakaian. Aku tidak takut kedinginan karena mandi malam dikarenakan air hujan lebih dingin sehingga membuat air kamar mandi menjadi lebih hangat. Aku pun mencari selimut di kamar mama tapi mama sudah terlanjur mengunci pintu. Aku pun membungkus tubuh menggunakan jaket paling tebal yang aku punya sambil menonton drama korea Circle yang tentang Alien itu sampai aku lupa jam berapa, yang penting sampai ngantuk dan akhirnya memutuskan pergi tidur setelah mematikan laptop.

Pagi harinya saat aku terbangun, aku menggunakan paket internt midnight untuk mendownload beberapa film ehem dari website yang baru aku temukan kemaren. Jenis ehemnya bukan yang biasa, bosan dengan yang biasa, yang semi, sehingga tidak memperlihatkan tuan pe dan nyonya ve, if you know what I mean, dan durasinya bisa sejam atau dua jam karena ada ceritanya dan yang aku donlot itu jenis jepang dan korea. Korea selatan dong. Aku nonton bagian ehemnya saja. Kemudian aku ngefap dan melanjutkan tidur. Aku mendonlot kemudian menonton kemudian menghapus. Aku harap kalau ini akan menjadi film ehem terakhir yang aku nonton karena aku akan mencoba sekali lagi yang semoga berhasil dan harus berhasil. no fap challange will start officially again tomorrow. Wish me luck.

Semingguan ini libur dan dalam beberapa hari kedepan gak tahu kapan akan ada pengumuman penempatan lokasi kkn-an yang semoga saja kampung apapun yang aku dapatkan tidak akan seburuk yang aku takutkan dan sebenarnya khawatir juga tapi senang juga karena akan seperti petualangan.

Comments