Kecewa dengan tema kegiatan


Dibawah ini adalah catatan tentang kegiatan kongres mahasiswa islam se maluku utara yang aku ikuti kemaren. Katanya hal yang serupa juga dilakukan di tujuh puluh atau lebih kota lain di Indonesia.

Sedikit curhat dan harus curhat, aku pergi ke kegiatan ini karena rekomendasi salah satu ibu dosen yang katanya ini adalah perkumpulan mahasiswa islam seindonesia bertemu dan bertukar pikiran dan kenyataannya adalah ternyata hanya semalut dan tema yang diangkat aku sangat tidak setuju.

Tema atau judul, yang penting inti pembicaraannya adalah 'we need khilafah, not democrasy' hatiku sakit seketika. Karena aku pro demokrasi.

Tapi aku tetap duduk dan mendengarkan satu per satu pembicara memegang pengeras suara dan menari bersama barisan kata per kata.

Tapi pada akhirnya aku menyerah pada hati yang merontak berteriak tidak tahan dengan apa yang sedang terjadi di depan mata. Aku pulang sebelum acara selesai.

Kenapa aku tidak setuju. Karena walaupun negara kita memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia tapi kita bukan negara islam.

Dan kalau ingin membuat sistem khalifah dan menghancurkan demokrasi berarti harus merubah secara keseluruhan sistem negara kita.

Selain itu, mereka terkesan menggeneralisasi jastisfikasi mereka, hanya karena ada banyak orang jahat bukan berarti semuanya jahat, aku percaya masih ada orang baik dan aku percaya jawaban yang dibutuhkan bukan dengan merubah sistem tapi memperbaiki.

Mereka juga sudah mengkritik jokowi padahal jokowi baru dilantik dan juga tidak ingin bbm naik padahal mereka tidak tahu kalau tidak menaikkan bbm akan memberatkan pemerintah dan akan menimbulkan masalah lain yang lebih besar.

Mereka juga tidak menyediakan sesi tanya jawab, hanya ada orasi dari para pembicara saja.

Maaf aku bukannya tidak agamis tapi aku hanya mencoba realistis.

-Puncak : aksi di depan istanah merdeka
-mahasiswa : agent of change dan social control
-Demokrasi melahirkan liberalime dan kapitalisme, yg punya modal yg punya kuasa
SDM
-penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
-skill (mengamalkan ilmu)
-Komunikasi yg baik (human relations)
-moral.
-demokrasi bukan berasal dari islam
-demokrasi hanya mementingkan suara terbanyak
-Yg dipentingkan adalah banyak kepala dan bukan isi kepala
-Suara seorang awam sama seperti seorang pakar/pemikir/profesor
-Contoh Khalifah umar bin abdul aziz
-Runtuhkan demokrasi?
-Kelompok2 homo, lesbi, transgender yg meminta pengakuan
-Tidak menyetujui kenaikan bbm

Comments