gambar seram


Gambar seram di rokok lumayan bikin para perokok takut tapi juga tidak terlalu membawa hasil jera. Sebagai seorang penjual memang sedikit khawatir kalau para perokok banyak yang tidak lagi mengkonsumsi rokok karena rokok bisa dibilang sebagai jantung dari jualan.

Walau secara pribadi aku tidak peduli dan justru bersyukur. Aku dari dulu sudah diwanti-wanti papa untuk tidak merokok, dan aku sendiri juga melakukan sugesti pada diri sendiri untuk membenci rokok seumur hidup dan alhamdulillah sampai hari ini aku masih sangat benci dengan benda berasap yang disebut rokok itu.

Tapi aku juga sedih karena biarpun aku tidak pernah merokok tapi tidak bebas dari asap rokok karena orang sekitar, apalagi kalau teman merokok di depan mata, karena tidak enak juga kalau menegur maka yang terjadi adalah racun itu terhirup.

Aku tahu kita semua adalah perokok, perokok pasif yang dengan kata lain adalah korban perokok aktif. Rokok memang selalu menjadi kontroversi, penuh dengan pro dan kontra.

Menurut pengalaman debat dengan tema rokok aku selalu berpikir bahwa hasilnya harus netral. Rokok sebagai pendonor pemasukan negara dan penyerap tenaga kerja yang besar, dengan kenyataan seperti ini maka sangat tidak mungkin untuk pemerintah say no untuk rokok.

Yang bisa kita lakukan hanyalah mengontrol para perokok untuk menghormati orang lain dengan pengadaan smoking room atau setidaknya menumbuhkan kesadaran mereka untuk kemudian masalah klasik tentang rokok ini bisa menjadi sejarah.

Comments