putusan mk

Tanggal dua puluh satu agustus kemaren adalah momen kepastian secara hukum bahwa presiden kita selanjutnya adalah pak jokowi. Jujur aku seharusnya senang tapi kenyataannya aku belum terlalu senang.

Aku inginnya kalau beliau sudah sah yang benar-benar sah yaitu selesai dilantik jadi presiden, tapi mari kita tunggu saja semoga dua puluh agustus itu cepat datang.

Setelah tim sebelah menggugat ke mahkamah konstitusi akhirnya kemaren mk sudah mengeluarkan keputusan yaitu menolak gugatan tim sebelah. Keputusan mk ini bersifat final dan mengikat.

Sungguh aku tak habis pikir bagaimana bisa ada orang segila dan sehaus kekuasaan seperti mereka. Mungkin hal ini juga yang membuat hati saya tidak tenang sebelum pak jokowi dilantik dan resmi jadi presiden.

Namun menurut berita yang aku nonton katanya mulai sekarang, setelah mk telah mengeluarkan keputusan yang final dan mengikat itu, pak jokowi dan pak jk sudah akan segera dilindungi. Syukurlah.

Semua proses pemilu dua ribu empat belas ini begitu kompleks. Begitu banyak hal yang harus dicatat dan dijadikan rekaman jejak sejarah untuk supaya bisa menjadi pelajaran untuk pemilu masa depan. Sukurnya ada wartawan, ada stasiun berita yang banyak.

Jujur aku tidak tahu apapun tentang hukum, jadi waktu nonton sidang mk itu yah paling sering akhirnya bosan dan kemudian mengganti siaran yang lain.

Walau sidang mk itu kelihatan keren sekali, seperti film-film, bedanya ini disiarkan secara live di tv dan bukan di bioskop.

Comments