Perjuangan Aquaman


Hari minggu kemarin aku habiskan dengan mengikuti kerja bakti di lapangan lingkungan, dengan sedikit terpaksa, yang lainnya juga sih karena ada undangannya yang disebar ke rumah-rumah gitu jadi mau gak mau yah harus mau. Siangnya, aku pergi ke bioskop nonton film aquaman yang review film ini begitu bagus di beberapa kanal youtube khusus ngereview film. Aku pun merencakan nonton bersama salah satu teman yang juga tetangga yang juga teman masa kecil tapi sekarang gak deket lagi sih tapi masih temenan, kalo waktu kecil dulu pernah deket sampe kebangetan kayak sodaraan karena tiap hari main bareng.

Cerita dimulai dengan begitu romantis berupa pertemuan putri lautan yang melarikan diri dari pernikahan yang sudah diatur untuknya. Terdampar di tengah malam di sebuah rumah dari seorang manusia biasa penjaga mercusuar dan akhirnya bertemu dan hidup bersama dan pastinya jatuh cinta dan memiliki anak (jadi ingat episode pertama drama korea encounter di mana sang karakter cowok yang orang biasa bertemu dengan perempuan cantik yang ternyata seorang CEO) akan tetapi harus pergi karena terus dikejar oleh pasukan kerajaan atlantis sampai akhirnya tertangkap dan menikah sesuai rencana dan punya anak tapi kemudian dihukum mati karena ketahuan sudah punya anak bersama manusia tapi ternyata di bagian hampir terakhir dari film diketahui kalau sang ibu tidak berhasil mati.

Sang anak hasil pernikahan yang sudah direncanakan itu akhirnya kemudian menjadi seorang raja. Sayangnya bukan seorang raja yang baik dan kerjaannya adalah mengumpulkan kekuatan dari tujuh kerajaan di lautan untuk akhirnya bisa menyerang manusia yang dianggap terlalu bersalah karena selalu mengotori lautan. Sampai akhirnya membuat settingan kapal selam menyerang orang bawah laut padahal itu tidak benar, manusia daratan saja masih tidak percaya atlantis itu nyata sehingga tidak mungkin menyerang.

Sementara anak pertama yang merupakan hasil pernikahan campuran mahluk laut dan mahluk daratan tumbuh dan berkembang menjadi kuat setiap harinya dan menjadi pahlawan yang melawan kejahatan walaupun yang diperlihatkan hanya satu kali aksi heroik penyelamatan kapal selam yang diserang para perompak sih. Tapi ada bagian yang seru di sini, sang karakter jahat berupa ayah dan anak yang begitu tidak berbelas kasih membunuh sebagian orang di kapal selam kemudian dikalahkan oleh aquaman (orang2 menyebutnya aquaman) akan tetapi meminta ampun dan pertolongan saat sang ayah hampir mati tapi ditolak dong. Nah, disini aku berpikir kalau pahlawan kita ini tidak dibuat sempurna tapi justru bagus.

Kalau diceritakan semua bakalan kepanjangan kali yah jadi singkat saja. Aquaman harus menjadi raja untuk membatalkan rencana penyerangan terhadap mahluk daratan tapi setelah berduel dengan adik tiri ternyata kalah telak dong terus kabur gitu dan mencari trisula kuno yang merupakan milik raja atlantis pertama jadi semacam petualangan gitu deh jadinya dan akhirnya berhasil dan akhirnya mendadak muncul di pertempuran perang sipil antara kerajaan yang sudah setuju melawan satu kerajaan sisa yang belum setuju ikut perang dan akhirnya berhasil dengan penutup berupa duel slagi melawan adiknya tapi kali ini akhirnya bisa menang.

Sukses bikin nangis terharu. Trisula kuno yang sudah pernah dicoba untuk didapatkan oleh begitu banyak orang atlantis sebelumnya selalu gagal melawan monster kuno penjaga yang kayaknya gurita tapi kayaknya juga bukan gurita. Bedanya yaitu, si Arthur alias Aquaman ini datang dengan penuh rendah hati mengaku kalau dia tidak pantas memiliki trisula dan menjadi raja 7 lautan tapi dia tidak punya pilihan lain karena itu satu-satunya jalan untuk menyelamatkan dunia. Kalau boleh sedikit dikaitkan dengan politik, kira-kira beginilah sosok pemimpin itu, bukan yang megaku paling bagus tapi yang apa adanya tapi mau maju untuk menyelamatkan negeri karena dia tidak ada pilihan lain selain maju menjadi pimpinan.

Ditambah lagi dengan kemampuan berbicara dengan hewan-hewan air laut dan akhirnya ngobrol lah bareng monster kuno pejaga trisula itu. Saat akhirnya berhasil memegang trisula dan memang terbukti berhak dan semua kekuatan kuno mengalir ke dalam dirinya yang otomatis jadi lebih kuat gitu terus menghentikan rencana jahat dari adik tiri yang hampir terlaksana kalau semua kerajaan setuju dengannya. Sedikit intermezo saja, karakter Arthur begitu receh tapi sukses bikin ketawa sih. Kalau karakter princess Mera yang berambut merah dan mirip Black Widow di Avengers ini serius cantik banget sih. Princess Mera juga bisa pengendalian air. Kalau pernah nonton avatar the legend of Aang pasti ingat Katara.

Darah campuran yang kemudian menjadi anak mahluk daratan dan raja mahluk laut yang dulunya dianggap anak haram hina dina oleh kaum kerajaan atlantis. Bisa jadi contoh untuk belajar bertoleransi sih ini. Apa yang menurut orang lain begitu buruk bisa jadi baik menurut sisi yang lainnya. Harus mendengar atau memiliki pengalaman hidup di dunia lain untuk kemudian bisa menghargai dunia yang lain yang sama sekali berbeda.

#30DWC #30DWCJilid16 #Day15
30 Days Writing Challenge

Comments