May 16th 2017




Hari selasa kemaren seru banget. Kita datang ke acara EduFair UK & US di hotel amara atau hotel bela atau hotel grand dafam atau terserahlah mau nyebutnya apa. Ada banyak banget perwakilan universitas-universitas dari US maupun UK yang datang.
Bohong. Gak banyak-banyak amat sih sebenernya. Dan hanya ada dua univ UK yang datang. Jadi kebanyakan univ US yang ada kemaren. Pertama-tama kita disuruh daftar dulu giti secara online terus dapet nomor urut yang aku kira bakalan harus banget ditunjukin saat mau masuk gitu tapi terntara nggak. Kita dikasih seminar dulu oleh pihak penyelenggara yang katanya kerjanya itu adalah memberikan bantuan kepada calon-calon mahasiswa yang mau ke US atau ke UK dengan membantu proses mendapatkan LoA atau letter of acceptance gitu. Katanya ini nih semacam tempat kursus gitu. Dan kursusnya bukan hanya di Indo loh tapi tempat kursusnya juga ada di berbagai univ yang sudah melakukan kerjasama bareng mereka. Jadi ini yang namanya belajar bahasa inggris intensif sebelum masuk kuliah yang aku sering denger ituh.  Menurut pengalaman kak in yang sekarang lagi kuliah masternya di Aussie sih katanya kita tuh hanya harus mastiin toefl sama ielts kita bagus aja gitu loh untuk tahap awal alias pemberkasannya.



Yang keren dari kak in adalah belajar sendiri dan berhasil dapet ielts tinggi. Kalo toefl kita pas-pasan maka pihak LPDP (yang lagi hangat banget diperbincangkan sekarang dan beberapa tahun terakhir orang indo jadi banyak yang kuliah ke luar negeri karena beasiswa penuh pemerintah indo ini dan sebenernya aku jadi kepikiran betapa orang indo begitu menyukai melakukan hal-hal yang musiman. Contohnya sekarang lagi musim ngeyoutube ngevlog gitu dan udah banyak banget yang mendadak jadi youtuber tapi hal ini gak sepenuhnya buruk sih. Tergantung gimana ngeliatnya.) akan membrikan pelatihan dan tes ielts gratis kayak ka ismet. Ka jasmal juga begitu walaupun beda sumber beasiswa sih karena ka jas maken AAS. Yuk lanjut lagi. Jadi kemaren itu setelah seminar mengenai siapa sebenarnya pihak penyelenggaranya terus sedikit paparan tentang apa sih perbedaan kuliah di US dan UK. Kalo di US itu 2 tahun kalo di UK cuma 1 tahun.



Terus beda lainnya lagi adalah kalo jumlah univ di UK Cuma ada 161 kalo di US ada sekian ribu lebih aduh lupa 4000an kalo gak salah inget sih kayaknya. Setelah seminar kita langsung ke acara selanjtnya yaitu Tanya-tanya bareng perwakilan berbagai univ. Aku jatuh hati sama Newcastle University. Selain alasan karena cuma Newcastle yang punya master journalism? Yah suka ajah. Kebanyakan univ yang lain yang di US tuh Cuma punya journalism tapi untuk bachelor saja. Stirling University juga keren, gak ada master Journalism tapi ada master Media dan kampusnya di tengah-tengah padang rumput hijau gitu khas Scotland banget lah yah. Rata-rata persyaratannya harus punya ilets 6.5 gituh. Tapi kalo untuk creative writing harus punya ielts 7.0 loh gila tinggi banget. Kemaren aku kelilingnya bareng jhon. Datangnya bareng anak-anak kelas sih rame-rame gitu. Aku gak bareng dika dan aku memang gak ngajak dika, aku tahu dia sibuk jadi driver untuk teman papanya yang datang dari luar kota itu, dan dika memang gak ada niat buat lanjut S2 kan cita-citanya jadi pedagang kaya raya pelit gituh. Si john pengen master creative writing dan rata-rata semua kampus menyediakan jurusan master itu. Bahkan ada beberapa univ yang mewajibkan menghasilkan satu karya sebagai syarat lulus kuliah masternya. Yah walupun gak semua sih, kalo kebanyakan yang lain sama aja, bikin research gituh.  Aku jadi kepikiran untuk punya second option master creative writing ajah. Halah nanti-nanti ajalah mikirnya, lulus aja belum, proposal aja masih bingung, kkn aja belum.



Tapi setidakya kita sudah harus memiliki rencana. Kalo aku sih maunya kerja dulu setelah lulus S1, setahun gitulah baru habis itu ngurus-ngurus lanjut S2. Yah kalo tuhan menghendaki. Kalo US aku maunya Columbia atau NYU sih kalo UK aku maunya Glasgow karena ada youtuber yang bikin vlog kuliah disana dan loghbrough karena marissa anita ngambil S2 kedua kalinya disana tapi gak tahu juga sih nanti lihat lah. Oh iyah dan Newcastle jadi masuk daftar aku nih sekarang. Gila yah padahal dulu gak pernah mimpi sampai setinggi ini. Kok bisa sih sekarang sampe bisa punya mimpi kuliah di luar negeri? Begitu banyak hal yang terjadi. Berteman dengan teman-teman hebat membuat kita ikut bermimpi hebat. Gak tahu nih nanti kedepannya bakalan mimpi apa lagi. Kalo Aussie maunya di Univ Queensland Technology atau Melbourne atau Monash lah.



Duh gampang banget sih ngomongnya, eh ngetiknya, hehee kan cuma ngetik dong, gak dosa atau gak ngelanggar hokum kan yah kan ? kemaren perwakilan paling enak diajak ngobrol itu yang dari UAB University Alabama Birminghim. Udah agak tua gitu orangnya dan suaranya khas lucu kayak tokoh kartun gitu suaranya berat murah senyum dan pokoknya paling gokil lah. Oiyah kegiatan kemaren gratis loh, baik bener deh, heran. Snacknya juga lumayan, yah seperti biasa sih, kue kecil-kecilan bareng kopi atau teh dan gak lupa ada gorengan tahu isinya juga lengkap dengan cabe rawit ijo. Ada satu bule yang bisa bahasa indo dan jujur agak aneh sih ngomong sama bule pake bahasa indo, kayak gak tahu mau ngomong apa gitu, malah jadi aneh rasanya kayak lucu gitu atau gimana. Dan kegiatan semacam ini adalah yang pertama kali dilakukan di Maluku Utara loh. Kayak di tv gituh, stand dari berbagai univ yang mempromosikan univnya. Ilmu baru, kalo Ivy League adalah sebutan untuk univ-univ besar US, kalo di UK namanya Russel Group.

Comments