May 22nd 2017



Hari senin ini aku mulai dengan bikin tugas translation yang seharusnya dibikin tadi malam supaya paginya gak usah sibuk tapi ternyata semalam terlalu males. Akhir-akhir ini aku sering banget males deh kayaknya kerjaan cuma makan dan tidur terus. Kemaren malam aku nonton ulang tahun net yang seperti biasa setiap tahunnya selalu keren.
Tapi tadi malam kayaknya berasa kurang deh atau mungkin hanya perasaan aku saja. Sedih banget waktu lihat isyana nyanyi lagu yang seharusnya adalah lagu duet bareng raisa yang judulnya anganku anganmu itu. Eh malah ternyata raisa digantikan oleh hologram, keren sih sebenernya, kayak di filem-filem gitu. Tapi aku sedih ngeliatin si isyananya. Nyanyi kayak fales gitu. Terus mukanya sedih cemberut lesu gitu. Tapi yah over all keren sih. Dan ternyata aku gak nonton maudy ayunda. Aku hanya bisa nonton di youtube keesokan harinya which is tadi siang. Maudy ayunda sama isyana sama risky febian kolaborasi nyanyiin lagu campur-campur gitu semacam medley berbagai lagu bertemakan cinta. Dan ternyata alasan dibalik ketidakhadiran raisa semalam adalah karena dia lagi tunangan sama pacarnya yang namanya siapa itulah. Hamis. Yang kemudin membuat hari ini diproklamirkan oleh warganet *warganet adalah kata baru pengganti netizen* sebagai #haripatahhatinasional yah walaupun sebenernya jangan dulu patah hati lah kan masih tungangan. Mikir aja sih kalo tunangan aja kita semua sudah patah hati lah terus kalau mereka berdua nanti nikahan gimana? Apa lagi yah harus patah? Heheheee. Banyak banget meme yang bertebaran dan artikel di berbagai berita online juga menghiasi timeline sosial media hari ini di facebook ataupun twitter. Oiyah tadi ibu dila gak masuk jadi kita nganggur gitu, padahal sudah bikin tugas, walaupun ngasal dan bikin baru pas bangun tidur sih, tapi kan tetep bikin. Aku mencoba memahami berbagai contoh laporan penelitian bahasa untuk bikin laporan penelitian bahasa kelompok yang sampai sekarang masih belum ada kemajuan yang berarti. Aku ngobrol bareng dika yang akhir-akhir ini sibuk dengan buku catatan lesnya. Jadi si dika lagi rajin les bahasa jepang sekarang. Aku juga pengen ikut tapi masih belum sempat. Entah karena memang males atau masih belum sempat saja. Jadi ceritanya les ini bukan hanya jepang tapi ada banyak bahasa yang lainnya juga kayak korea terus jerman terus perancis terus spanyol gituh dan diprakarsai oleh komunitas bahasa asing apalah gitu. Dan gratis. Dan ternyata yang ngajar kelas perancis dan korea dan jepang adalah temen aku. semoga minggu ini aku bisa ikut gabung. Eh tapi udah deket banget sama puasa nih. Apa mereka masih akan melanjutkan kelas bahasa asing walaupun puasa? Entahlah. Sebelum pulang ke rumah aku menyempatkan diri mampir ke perpus gitu buat baca-baca skripsi yang rencananya mau cari tahu isi dari Bab I tapi ternyata aku sekalian cari tahu semuanya yang lainnya kayak Bab II dan III dan ternyata susunannya itu agak beda-beda yah setiap orang. Tapi hari ini aku agak bahagia sih karena aku rasa agak sedikit lebih memahami lagi tentang pengskripsian inih. Jadi rencana aku untuk nyusun bachelor thesis ini sudah harus dimulai. Tapi ada banyak hal yang harus dilakukan sih, kayak ngumpulin data gitu. Sumber-sumber theoretical base berupa pendapat pakar ataupun konsep tentang apa yang bakal aku bahasa nanti. Tapi seriusan deh selama beberapa kali aku mampir ke perpus buat baca skripsi, kayaknya baru tadi aku beneran mendapatkan pemahaman yang agak lumayan gitu. Aku tahu pastilah yang harus dilakukan tidak akan semudah yang terlihat.

A Character by William Wordsworth

I marvel how Nature could ever find space 
For so many strange contrasts in one human face: 
There's thought and no thought, and there's paleness and bloom 
And bustle and sluggishness, pleasure and gloom. 

There's weakness, and strength both redundant and vain; 
Such strength as, if ever affliction and pain 
Could pierce through a temper that's soft to disease, 
Would be rational peace--a philosopher's ease. 

There's indifference, alike when he fails or succeeds, 
And attention full ten times as much as there needs; 
Pride where there's no envy, there's so much of joy; 
And mildness, and spirit both forward and coy. 

There's freedom, and sometimes a diffident stare 
Of shame scarcely seeming to know that she's there, 
There's virtue, the title it surely may claim, 
Yet wants heaven knows what to be worthy the name. 

This picture from nature may seem to depart, 
Yet the Man would at once run away with your heart; 
And I for five centuries right gladly would be 
Such an odd such a kind happy creature as he. 


Aku kagum bagaimana alam dapat menemukan tempat
Untuk begitu banyak keanehan dalam satu wajah manusia
Ada pikiran dan tidak ada pikiran
Dan ada kepucatan dan mekar
Dan berjalan cepat dan berjalan pelan, kesenangan dan kesuraman

Ada kelemahan, dan kekuatan pada berlebihan pun kesia-siaan
Suatu kekutan, semacam penderitaan dan rasa sakit
Dapat menusuk melalui sifat lembut yang mudah dilukasi
Akan menjadi kedamaian rasional—kesenangaan seorang filsuf

Tak ada perbedaan, gagal atau sukses sama saja
Dan sepuluh perhatian sama dengan tiga perhatoian yang dibutuhkan
Kebanggan dimana tidak ada kecemburuan, terdapat begitu banyak kegembiraan
Dan kelembutan, dan semangat maju dan malu-malu kucing

Terdapat kebebasan, dan terkadang sebuah perbedaan tatapan
Rasa malu yang sayup-sayup terlihat mengetahui kalau dia ada disana
Terdapat kebaikan, dan gelar yang dituntut
Akan tetapi menginginkan surge untuk mengetahui kelayakan namanya

Gambaran alam ini terliht akan pergi
Akan tetapi lelaki itu dengan segera akan melarikan diri membawa hatimu
Dan aku selama lima abad akan dengan senang hati bersedia
Betapa ganjil dan bahagia seorang mahluk seperti dia


I wandered lonely as a cloud by William Wordsworth

I wandered lonely as a cloud 
That floats on high o'er vales and hills, 
When all at once I saw a crowd, 
A host, of golden daffodils; 
Beside the lake, beneath the trees, 
Fluttering and dancing in the breeze. 

Continuous as the stars that shine 
And twinkle on the milky way, 
They stretched in never-ending line 
Along the margin of a bay: 
Ten thousand saw I at a glance, 
Tossing their heads in sprightly dance. 

The waves beside them danced; but they 
Out-did the sparkling waves in glee: 
A poet could not but be gay, 
In such a jocund company: 
I gazed—and gazed—but little thought 
What wealth the show to me had brought: 

For oft, when on my couch I lie 
In vacant or in pensive mood, 
They flash upon that inward eye 
Which is the bliss of solitude; 
And then my heart with pleasure fills, 
And dances with the daffodils. 

Aku mengembara dengan sepi seperti awan
Yang mengapung pada ketinggian lembah dan bukit
Ketika satu waktu aku melihat suatu keramaian
Suatu rombongan. Bungan daffodils emas
Disamping danau, dibawah pepohonan
Menggelepar dan berdansa di tengah ngin sepoi

Terus berkelanjutan layaknya bintang yang bersinar
Dan berkelap kelip di galksi bimasakti
Mereka merentang tanpa ujung
Sepanjang garis sebuah teluk
Sepuluh ribu melihatku sekali pandang
Melenggokkan kepala mereka dalam taraian bahagia

Gelombang disamping merejaikut menari, tetapi mereka
Melampaui kegemerlapan gelombang dalam paduan suara
Seorang pujangga tidak bisa apa-apa selain bahagia
Dalam suatu kelompok keriangan
Aku memandang-dan memandang-tetapi sedikit berpikir
Kekayaanapa yang telah disuguhkan padaku

Seringkai, ketika di sofaku aku berbaring
Dalam suasana hati kosong atau termenung
Mereka menyorot mata batin itu
Yng adalah kebahagaiaan dari kesunyiaan
Dan kemudian hatiku terisi dengan kebahagaiaan
Dan menari bersama bunga daffodils

*****************************************************************************************************************
beberapa susunan skripsi yang akan aku jadikan panutan saat menyusun nanti. terima kasih kakak-kakak senior keren dimanapun kalian berada sekarang. aku rajin banget baca skripsi kalian loh. udah lupa berapa kali baca.

*****************************************************************************************************************

-  KAK JASMAL MARTORA (ka jasmal lagi studi master di aussie sekarang)
EDNA PONTELLIER’S REBELLION IN KATE CHOPIN’S THE AWAKENING (GENETIC STRUCTURALISM APPROACH) )


PAGE OF TITTLE
PAGE OF APPROVAL
ACKNOWLEDGEMENTS
BSTRACT
ABSTRAK
TABLE OF CONTENTS
CHAPTER I INTRODUCTION
1.1   BACKGROUND
1.2   STATEMENT OF PROBLEMS
1.3   SCOPE OF THE PROBLEMS
1.4   OBJECTIVES OF THE RESEARCH
1.5   SIGNIFICANCES OF THE RESEARCH
1.5.1          THEORITICAL USE
1.5.2          PRACTICAL USE
1.6   REVIEW OF RELATED LITERATURE
1.7   THEORITICAL BASES
1.7.1 CONCEPT OF CHARACTER
1.7.2 CONCEPT OF REBELLION
1.7.3 GENETIC STRUCTURALISM APPROACH
1.7.4 WOMEN IN 19TH AMERICAN CULTURE

CHAPTER II METHODS AND TECHNIQUES

2.1 METHODS OF THE RESEARCH
2.1.1 QUALITATIVE METHOD
2.1.2 DESCRIPTIVE METHOD
2.2 TECHNIQUE OF COLLECTING DATA
2.2.1 LIBRARY EXPLORATION
2.2.2 READING COMPREHENSION
2.2.3 BROWSING ON THE INTERNET
2.2 TECHNIQUE OF ANALYZING DATA
2.2.1 CLASSIFICATION
2.2.2 INTERPRETATION

CHAPTER II ANALYSIS
3.1 THE POTRAYAL OF EDNA’S REBELLON
3.1.1 EDNA’S DEFIANCE OF THE MOTHERHOOD AND WIFELY ROLES
3.1.2 EDNA’S REBELLION AGAINST CREOLEO’S MARRIAGE TRADITION
3.2 KATE CHOPIN VIEW ON AMERICN MARRIAGE TRADITION

CHAPTER IV CONCLUSION AND SUGGESTION
4.1 CONCLUSION
4.2 SUGGESTION
BIBLIOGRAPHY
APPENDICES
SYNOPSIS OF THE AWAKENING
BIOGRAPHY OF THE AUTHOR

CURRICULUM VITAE


- KAK RIYANDI KODJA (gak tahu ka riyandi lagi dimana sekarang kalo bisa ngobrol pasti seru)
      MASCULINITY IN F.SCOTT FITZGERALD’S NOVEL THE GREAT GATSBY AND MODERN PERSPECTIVE (A COMPARATIVE STUDY AT KHAIRUN UNIVERSITY)

catatan : aku gak ketik lengkap karena aku gak ketik daftar isi modern perspective karena kebanyakan

PAGE OF TITLE
PAGE OF APPROVAL
MOTTO AND DEDICATION
ACKNOWLEDGEMENT
ABSTRACT
TABLE OF CONTENTS
CHAPTER 1 : INTRODUCTION
1.1   BACKGROUND
1.2  STATEMENTS OF THE PROBLEM
1.3   SCOPE OF THE STUDY
1.4   OBJECTIVES OF THE STUDY
1.5   SIGNIFICANCES OF THE STUDY
1.5.1          THEORITICAL SIGNIFICANCES
1.5.2          PRCTICAL SIGNIFICANCES
1.6   PREVIEW OF RELATED LITERATURE
1.6.1          THE SAME OBJECT
1.6.2          THE SAME FOCUS
1.7   THEORITICAL BASE
1.7.1 CHARACTER
1.7.2 CHARACTERIZATION
1.7.3 JANET SALTZMAN CHAFET’S CONCEPT OF MASCULINITY
1.7.4 CONCEPT OF ESTABLISHING MASCULINITY
1.7.5 MODERN BDHDBJDNDMDNJBFBF
1.7.6 SOCIOLOGY OF LITERATURE APPROACH

1.8 CONCEPTUAL SCHEME
1.9 METHOD AND TECHNIQUE OF RESEARCH
1.9.1 METHO OF RESEARCH
1.9.1.1 DESCRIPTIVE-QUALITATIVE METHOD
1.9.2 TECHNIQUE OF COLLECTING DATA
1.9.2.1 READING COMPREHENSION
LITERARY RESEARCH
INTERNET BROWSING
SELECTING MASCULINITY
SELECTING EXPRESSION
1.9.3 TECHNIQUE OF ANALYSIS DATA
CLASSIFICATION
INTERPRETATION
EPLANATION


CHAPTER II BACKGROUND INFORMATION
BIOGRAPHICAL SKETCH OF THE AUTHOR

CHAPTER III : DATA AND ANALYSIS
PHYSICAL APPEARANCE
FUNCTION
SEXUAL DESIRE
EMOTION
EMOTION
INTLLECT
INTERPERONAL
OTHER
  
CHAPTER IV : CONCLUSION AND SUGGESTION
CONCLUSION
        SUGGESTION


- KAK NURLIYA S HAMAYA (aku gak kenal kakak ini sih tapi tetap terima kasih)
INCEST IN THE NOVEL THE COLOR PURPLE BY ALICE WALKER

CHAPTER I INTRODUCTION
1.1   BACKGROUND
1.2   REASONS OF CHOOSING THE TOPIC
1.3   STATEMENT OF THE PROBLEMS
1.4   SCOPE OF THE STUDY
1.5   OBJECTIVE OF THE STUDY
1.6   SIGNIFICANCE OF THE STUDY
1.7   THEORITICL BASIS
1.7.1          DEFINITION OF SEX
1.7.2          DEFINITION OF INCEST
1.7.3          THE AFFECTS OF SEXUAL ABUSE
1.7.4          THE CAUSED OF INCEST
1.7.5          FACTORS OF INCEST

CHAPTER II METHOD AND TECHNIQUE
            1.1   METOD OF RESEARCH
1.1.1          DESCRIPTIVE ANALYSIS METHOD
            1.2   TECHNIQUE OF RESEARCH
1.2.1          TECHIQUE OF COLLECTING DATA
1.2.2          TECHIQUE OF ANALYZING DATA

CHAPTER III DATA AND ANALYSIS
3.1 ILLUSTRATION OF INCEST IN ALICE’S NOVEL THE COLOR PURPLE
3.2 THE FACTORS CAUSED IT HAPPENED IN NOVEL LALALALA
3.3 PSYCHOLOGICAL AFFECT TO THE CHARACTER AFTER INCEST HAPPNED

CAPTER IV CONCLUSION AND SUGGESTION
4.1 CONSLUCION
4.2 SUGGESTION



ka marlon (senior paling keren dan tempat pesan donlot felem baru)

THE LIST OF CONTENTS
PAGE OF TITTLE ......
PAGE OF APPROVAL ..................
PAGE OF RECIPIENT ............................
MOTTO AND DEDICATION .................
ACKNOWLEDGEMENT ................
STATEMENT OF SCRIPT ORIGINALITY .................
ABSTRACT ..........................
INTISARI ...............................................
THE LIST OF CONTENTS .................
CHAPTER I INTRODUCTION
1.1 Background ...................
1.2 Scope of the study ..........................
1.3 Statements of the Study ..................
1.4 Objective of the Study .................
1.5 Significance of the Study ............
1.5.1 Theoretical Significance .........
1.5.2 Practical significance ..............
1.6 Review of Related Literature ...................
1.7 Theoretical Base .........................
1.8 Conceptual Scheme ...................
1.9 Method and Technique of the research …
1.9.1 Method of the research .............................
1.9.1.1 Qualitative Method ..........................
1.9.1.2 Descriptive Analysis Method ......................
1.9.2 Data Sources .........................................
1.9.2.1 Primary Data ................................
1.9.2.2 Secondary Data ...............................
1.9.3 Technique of collecting data ........................
1.9.4 Technique of analyzing data .......................
1.9.4.1 Reading Comprehension ......................
1.9.4.2 Classification...................................
1.9.4.3 Interpretation..............................
1.9.4.4 Explanation .............................
1.10 Systematic of writing .................................
CHAPTER II BACKGROUND OF THE AUTHOR
2.1 The life of Alice Walker .........................................
2.2 Literary career ........................................
2.3 Social and political background behind The Color Purple ........
CHAPTER III DATA AND ANALYSIS
3.1 The Abusive Act in The Novel ..................................
3.1.1 Physical Abuse .......................................................
3.1.1.1 Forced Sexual Assault .................................
3.1.1.2 Pressuring ...........................................
3.1.1.3 Whacking ...............................
3.1.2 Emotional Abuse .............................
3.1.2.1 Dispraise ..............................................
3.1.2.2 Disgracing ............................
3.1.2.3 Menacing ........................................
3.2 The Social Background Affected the Domestic Violence .........
3.2.1 Education Front as African American ..........
3.2.2 Economic Front as African American .................
3.2.3 African American Society Behavior Toward Woman ......
CHAPTER IV CONCLUSION AND SUGESTION
4.1 Conclusion .....................................
4.2 Suggestion .............................................
BIBLIOGRAPHY .................................................
Appendices

Comments