beda ujian beda jawaban


Sering kali kita duduk dan berpikir tentang bagaimana kita bisa bahagia kalau tidak memiliki sesuatu seperti yang dimiliki si A. Pada saat yang sama, si A bisa jadi juga sedang berharap agar bisa memiliki apa yang dimiliki si B agar bisa bahagia.

Terkadang saking percayanya kita akan rumus bahagia yang pasti, kita akhirnya malah tersesat dalam pemikiran untuk meraih sesuatu yang persis sama agar nantinya bisa persis bahagianya. Padahal, segala sesuatunya diciptakan berbeda, bahkan saudara kembar yang dilahirkan dengan penampakan mirip saja, sebenarnya ada perbedaannya kok jika kita tidak melihat sekilas.

Layaknya obat batuk yang tidak bisa diberikan kepada seseorang yang mengalami sakit kepala, masalah setiap orang juga sebenarnya membutuhkan jawaban yang berbeda satu sama lain. Kunci jawaban matematika tidak mungkin cocok untuk digunakan saat menjawab soal biologi, karena memang berbeda.

Maka berhentilah membandingkan keberhasilan orang lain dengan kegagalan yang kamu alami. Karena kalian memang berbeda dan sama sekali tidak bisa disamakan begitu saja.

Bandingkanlah dirimu yang sekarang dengan dirimu yang dulu, karena itu lah sebenar-benarnya pertarungan yang harus kau hadapi dan menangkan walaupun seringkali terjatuh dan merasa kalah serta tidak berguna dan mengutuk diri sendiri yang payah. Pertarungan yang dihadapi setiap orang, melawan diri sendiri.

Akan tetapi masih banyak yang salah kaprah dengan berusaha bertarung melawan kesuksesan orang lain dengan dirinya yang tidak jarang bahkan hanya berujung merasa kecil dan lemah. Karena sesungguhnya memang bukan itu pertarungan yang harus kita perjuangkan, sehingga terasa begitu tidak mungkin.

#30DWC #30DWCJilid16 #Day26
30 Days Writing Challenge

Comments