5 drakor kerajaan termahsyur di jamannya




Tahukah kamu, bahwa serangan gelombang kebudayaan dari korea selatan sebenarnya sudah direncanakan dan memang disengaja oleh pemerintah korea. Agar korea bisa maju melalui budaya yang dibungkus dalam kemasan hiburan yang dinikmati oleh banyak orang.Kalau gak salah termasuk salah satu gelombang pertamanya adalah drakor full house, itu pertama kali rumah aku punya parabola kalau gak salah ingat kayaknya.

Kita tidak boleh marah, harusnya belajar dari mereka, bagaimana kompaknya pihak pemerintah dan swasta memulai misinya. Lihat apa yang terjadi sekarang, hiburan negeri ginseng tidak kalah dari produk keluaran negeri paman sam. Yang salah satunya drakor, yang aku suka dari drakor adalah ide ceritanya selalu unik banget. Salah satu jenis drakor yang paling aku sukai adalah yang bertemakan sejarah dan kerajaan.

Jadi, kalian salah banget kalau menyamaratakan melihat para penonton yang memuja-muja drakor hanya karena efek visual semata. Karena drakor-drakor jaman dulu yang pertama itu benar-benar menitikberatkan kualitas cerita dari drakornya, bukan hanya tentang visual surgawi. Walaupun drakor jaman sekarang terlihat memusatkan pada visual, tapi cerita tetap kuat kok.
-     Jewel in The Palace

Siapa yang juga nonton drakor yang satu ini? aku sampai hafal lagu pembukanya. Kalau gak onara onara aju ona ganara ganara ahuana blah blah blah gitu lupa.  Cerita tentang masak-masak. Seorang koki kerajaan yang mencuri hati sang raja. Aku bisa kenyang mata hanya dengan ngeliat makanan-makanannya. Ceritanya tuh juga selalu seru untuk diikuti. Episode draor jaman dulu kan puluhan tuh. Tapi, gak kerasa karena kan diputar di televisi kan.

-     The Great Queen Seondeok

Kalau yang satu ini, seperti sebelumnya, bukan cuma aku yang suka tapi sekeluarga. Kami sampai rela-rela beli kasetnya. Kisah tentang ratu pertama di korea. Diceritakan raja terdahulu punya dua anak tapi semuanya cewek, tapi ada salah satu yang meninggal apa gimana gitu lupa. Yang satu lagi gak hilang dan besar dengan kuat kemudian mengambil kembali tahta. Katanya ini berdasarkan sejarah nyata.

Ada unsur ajaib-ajaibnya juga jadi seru. Tentang ramalan yang jahat melawan yang baik, tentang ramalan astrologi dan satu bintang jadi dua kemudian jadi satu lagi atau gimana. Terus bintang jatuh saat ratu meninggal. Pokoknya keren banget lah ya.

-     Dong Yi

Aku agak lupa nih kalau tentang Dong Yi. Intinya tuh dia salah satu selir dari raja, tapi yang paling bikin raja bahagia dan dianggap cinta sejati. Seluruh rakyat juga begitu menintai sosok yang satu ini. semacam diberi pengakuan sebagai ibu negara yang dielu-elukan.

-     The Moon Embracing the Sun

Kalau ini udah mulai agak lupa. Tapi musik di drakor ini enak banget didengerin. Waktu itu ikutin drakor yang ini lumayan menghanyutkan lah. Tau lah ya, drakor kan mengajarkan cinta sejati sekali seumur hidup gitu kan. Eh tapi seriusan aku lupa gimana sinopsis cerita dari drakor ini duh. Maap nih jadi gak bisa total menjelaskan, intinya gitu lah ya bagus dan gak rugi kalaumau nonton, salah satu terbaik.

-     Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Kalau di drakor ini ada mbak IU. Tapi akhir drakornya ngegantung. Banyak yang mengharapkan bagian musim kedua sebagai kelanjutan ceritanya. Ceritanya ada banyak sekali pangeran dalam satu kerajaan tapi semuanya saling bunuh. Jadi keingat apa? Ya serial game of thrones, bener banget. Selalu ada yang mati di sini.

Jadi seperti itu lima daftar drakornya. Sebenarnya ada banyak banget juga drakor kerajaan yang lainnya sih. Tapi lima ini hanya sebagai contoh saja. Tapi, aku serius mengenai yang tiga pertama. Tiga drakor sejarah itu benar-benar bersejarah dalam dunia pernontonanku. Dan mungkin kamu juga, ayo bagi cerita kamu di kolom komentar bawah, kamu juga nonton yang mana?

Aku harap, suatu hari nanti aku bisa menulis jalan cerita yang unik serta karakter-karakter yang kuat seperti yang ada di drakor-drakor. Maap nih, tulisannya agak berantakan dan buru-buru, pikiran aku lagi lumayan ramai dan penuh nih. Walaupun itu mungkin hanya alasan. Sampai jumpa di tulisan hari berikutnya. Tetap semangat. Ini juga sebagai salah satu penawar karena kemarin aku menulis konten yang terlalu sedih tentang korban bunuh diri itu kan. Semoga almarhumah tenang di sana.



imag source: viki

Comments

  1. Semoga kita terinspirasi untuk bisa bikin kisahbyg keren2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton semua...itu semua Saeguk paling paripurna dari mulai riset nulis sampai jadi visualnya. Korea memang keren cara kebangkitannya pasca krisis moneter dunia waktu itu. Jaman awal filmnya dulu tuh masuk difestival-festival. Baru habis itu ke drama dst sampai ke musik. Film pertama yang bikin kagum dan terus 'adiksi' judulnya Tae Guk Gi habis itu berlanjut Il Mare, Moment to remember...dst ehe beberapa judul itu jg sdh diadaptasi sama Hollywood malah

      Delete
    2. maafkan aku yang tidak kenal setiap judul film yang kakak sebutkan di kolom komentar. merasa fakir ilmu.

      Delete
    3. Nggak usah minta maaf, kan nggak ada yang salah hehe...aku aja yang hidupnya lebih awal jadi tahu duluan hehe

      Delete
  2. Q pernah nonton yang nomor 2 dan 3 kak.Tapi udah lupa

    ReplyDelete
  3. Queen seondeok dan Jewel in the palace @ flm fav Ku dn mamah ka, waktu ada channel sbs ini😊 aku suka tokoh jang geum dlm flm jewel in the palace, Juga suka masukannya he
    Trus drama scarlet sekarang lgi nnton, baru eps 7, agak males sih karena kata temen2 sad ending, kan gak suka. Tpi karena tokohnya IU, aku Kuat2in dh nnton😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget nih hanya drakor jaman dulu yang menyatukan seisi rumah. iya sih akhirnya ngegantung tapi tetep boleh banget dnonton kok, asik baku hantam baku bunuh nya.

      Delete
  4. Replies
    1. berarti kamu memang gak minat sama perkoreaan nih. saling menghargai keyakinan masing-masing aja ya. ehe.

      Delete
  5. Dari sekian judul itu, cuma tahu Dong Yi. Dulu suka nonton itu pas SMP 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak lupa sih pas nonton drakor Dong Yi itu aku umur berapa

      Delete
  6. Drakor yang paling berkesan buat saya tuh judulnya "moment to remember" low ga salah, ending-nya sedih, haru, seneng. Campur gitu loh lah. Ceritanya tentang kesetiaan suami terhadap istrinya yang mengidap alzheimer.

    Duh, campur aduk rasanya nonton film ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kurang tau drakor itu. perlu lebih banyak belajar lagi nih.

      Delete
  7. because aku agak jarang nonton drakor, tp jewel in the palace tidak asing di telinga

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti emang keren ya drakor yang satu itu

      Delete
  8. Ya ampun ternyata pengetahuan Drakor nya keren, sya nol kalau Drakor, sama sekali tidak faham

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku masih harus banyak belajar kok. akhir akhir ini udah jarang nonton.

      Delete

Post a Comment